16 Tempat Wisata di Wonogiri yang Menarik untuk Dikunjungi

Wisata Wonogiri -Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten yanga di Provinsi Jawa Tengah. Wonogiri memiliki julukan kota Gaplek. Secara geografis, Kabupaten Wonogiri berada di tenggara jawa Tengah. Selama ini mungkin wisatawan hanya mengenal beberapa objek wisata di wonogiri.

Waduk gajah mungkur menjadi salah satu objek wisata Wonogiri yang paling terkenal diantara objek wisata lainnya. Padahal Wonogiri masih menyimpan banyak potentis wisata yang kita jelahai. Kawasan Wonogiri berbatasan langsung dengan beberapa Kabupaten lainnya. Di utara Wonogiri berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, bagian selatan langsung di bibir Pantai Selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta, Bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan.

Dari wikipedia diketahui bahwa total keseluruhan penduduk Wonogiri ada sekitar 1,5 juta jiwa, dengan luas wilayah 1.822,37 km². Adapun ibukota Kabupatennya adalah kecamatan Wonogiri. Selain kaya denan objek wisata, kuliner Wonogiri juga tidak kalah menarik untuk kita coba.

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda jalan-jalan mengunjungi destinasi wisata di Wonogiri yang menarik untuk kita sambangi, mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata alam dan sebaiknya. Ada banyak sekali objek wisata Wonogiri yang menarik untuk kita kunjungi.

Destinasi Wisata Wonogiri Jawa Tengah

Berikut ini 20 destinasi wisata Wonogiri yang menarik untuk kita kunjungi:

1. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Wisata Wonogiri

Objek wisata Wonogiri yang pertama adalah air terjun Binangun Watu Jadah. Air terjun ini masih perawan karena lokasinya yang agak tersembunyi dan masih jarang dijamah oleh wisatawan.

Lokasinya memang agak tersembunyi, untuk mencapai air terjun Binangun Watu Jadah, wisatawan haru menempuh perjalanan yang lumayan agak melelahkan.

Untuk mencapai air terjun ini dengan berjalan kaki skeitar sejam, cukup melelahkan memang, namun setelah kita sampai dilokasi maka rasa lelah itu pasti akan sirna seketika.

Air terjun ini berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurmo. Perjalanan harus melewati persawahan dan perbukitan di sekitar gunung Lawu.

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu

Objek wisata Wonogiri selanjutnya adalah pantai nampu yang terletak di Kecamatan Paranggupito. Pantai nampu menjadi destinasi wisata Wonogiri yang tidak boleh anda lewatkan.

loading...

Keindahan pantai nampu apalagi dengan pasir pantainya yang putih serta dihiasi dengan karang yang indah membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata primadona di Wonogiri.

Untuk mencapai pantai nampu, kita bisa menggunakan bis atau kendaraan pribadi. Akses menuju pantai ini cukup mudah. Kalau mau basah-basahn jangan lupa bawa pakaian ganti ya.

3. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo menjadi destinasi wisata Wonogiri selanjutnya, masih dalam kecataman yang sama dengan pantai Nampu, yakni terletak di wilayah Kecamatan Paranggupito tepatnya di Gudangharjo.

Pantai Banyuwoto cukup unik yaitu air tawar yang bersumber dari sungai-sungai yang ada di sekitarnya.

Di pantai ini wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan nan eksotis dan memanjakan. Selain pesona air tawar dan air lautnya, pantai Banyutowo juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan batu-batu karang yang begitu mempesona dan menjadi tempat wisata di Wonogiri yang wajib dikunjungi.

4. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Pantai sembukan menjadi destinasi wisata Wonogiri selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Pantai sembukan merupakan objek wisata favorit dan banyak dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat akhir pekan. Pantai ini masih berada di Kecamatan Paranggupito.

Selain air lautnyay nag bersih dan biru, pemandangan di sekitar pantau juga sangat mempesona dan memanjakan mata yang memandang.

Selain menikmati suasana indah dan damai, pantai Sembukan juga bisa dinikmati dengan kegiatan memancing. Bahkan warga setempat kerapkali mengadakan acara adat di pantai Sembukan.

5. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

Nah, ini dia objek wisata di Wonogiri yang sangat terkenal, yaitu waduk gajah mungkur yang sudah ada sejak tahun 1970an.  Waduk gajah mungkur sendiri memiliki luar kurang lebih 8.800 hektar.

Fungsi utama waduk ini tentu saja untuk membunuhi kebutuhan pengairan, seperti kegiatan pertanian, tidak hanya itu, waduk ini juga menjadi destinasi wisata Wonogiri yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi waduk ini sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota Wonogiri, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km ke lokasi wisata yaitu waduk Gajah Mungkur. Waduk ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tak hanya sampai di situ wisatawan juga bisa menikmati hasil aneka kuliner dari ikan yang lezat.

6. Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren Girimanik

Objek wisata Wonogiri selanjutnya adalah air terjun setren girimanik yang ada di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Air terjun ini tempat mandi-mandi seru saat akhir pekan.

Air terjun yang eksotis ini sangat digemari oleh wisata dari berbagai daerah di Jawa Tengah, biasanya selalu ramai saat mmusim liburan tiba atau pada akhir pekan.

Dari pusat kota Wonogiri, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 30 km atau sekitar 40 menit. Perjalan dari pusat kota menuju ke arah Timur menuju desa Setern.

Sebenarnya tidak hanya akhir pekan saja, pada hari-hari biasa, air terjun setren girimanik juga ramai dikunjungi oleh wisatawan, dan pada akhir pekan pengunjung akan lebih padat dan ramai lagi.

Nah, bagaimana kira-kira? Anda tertarik untuk mandi-mandi atau sekedar menikmati pemandangan indah di air terjun setren Girimanik ini? Rasa rugi sekali kalau ke Wonogiri sampai melewatkan objek wisata yang satu ini.

7. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono

Anda suka kegiatan liburan yang bertema petualangan bersama alam? Nah, kalau anda hobi menjelajah, goa putri kencono harus masuk dalam daftar tempat wisata di Wonogiri yang akan anda kunjungi nantinya,

Goa putri Kencono menjadi salah satu destinasi wisata alam di Wonogiri yang banyak penggemarnya, terutama para pecinta wisata jelajah.

Keindahan pemandangan di dalamnya sangat memukau, goa ini memiliki karakter yang dipadai dengan stalagmid dan stalagtid di sepanjang goa.

Lokasi goa ini sendiri ada di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak sekitar 40 km jika dilalui dari kota Wonogiri. Wisatawan bisa menikmati keunikan goa dengan ciri khas batu-batu menggantung.

8. Papan Luncur Gantole

Papan Luncur GantoleAnda suka tantangan? Nah, jka iya wahana papan luncur Gantole sebaiknya anda coba. Wahana papan luncur Gantole ini sangat menantang dan membuat adrenalin terpacu dengan cepat.

Untuk anda yang tertarik mencobanya, silahkan datang saja ke bukit di desa Sendang. Untuk ketingginnya sendiri, anda bisa mencoba 2 jenis arena.

Untuk tahap awal anda bisa mencoba yang 200 meter, selanjutnya bisa mencoba yang 400 m.  Arena papan luncur ini bisa Anda jadikan wisata alternatif saat berkunjung ke Wonogiri. Di bukit Gantole ini juga wisatawan bisa ada wahana kegiatan paralayang.

9. Museum Karst Dunia Wonogiri

Museum Karst Dunia Wonogiri

Museum karst di Wonogiri bisa menjadi tujuan liburan anda selanjutnya. Disini anda diajak untuk mengenal berbagai jenis batuan karst.

Museum ini menawarkan wisata eduksi kepada wisatawan yang datang. Sangat dianjurkan jika anda liburan dengan anak-anak untuk mampir ke tempat ini.

Wisatawan bisa mengajak keluarga tercinta menikmati wisata edukasi dan informasi di museum ini. Museum Karts Indonesia berlokasi di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Jarak tempuhnya sekitar 38 km ke arah selatan dari kota Wonogiri.

10. Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan

Destinasi wisata Wonogiri selanjutnya merupakan tempat warga sakral yang tidak kalah menariknya untuk kita kunjungi. Objek wisata spiritual kahyangan memberikan pengalaman menarik tersendiri kepada wisatawan yang datang berlibur.

Disini biasanya dilakukan kegiatan  tirakat dan nenepi oleh masyarakat sekitar. Dalam istilah jawa tirakat mempunyai arti ritual untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Wisata Spiritual Kahyangan terletak di Kec. Tirtomoyo. Menurut cerita, Wisata Spiritual Kahyangan merupakan tempat tirakat pendiri kerajaan mataram Sutowijoyo. Dalam terikatnya Sutowijoyo melakuakn komunukasi dengan ratu kidul membahas perjanjian pembangunanan kerajaan mataram.

Kalau datang kesini tentu saja kita tidak perlu mengikuti prosesi atau acara tirakat dan nenepi.

11. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia

Wayang merupakan warisan bangsa kita yang hampir dilupakan keberadaannya. Maka dari itu, sudah semestinya kita sebagai generasi muda untuk ikut melestarikan budaya kita.

Salah satu cara pemerintah untuk menumbuhkan kecintaan wayang ini adalah dengan membuatkannya museum. Tidak hanya di Jakarta, di Wonogiri juga terdapat museum wayang yang memiliki banyak koleksi wayang seperti wayang golek, wayang kulit, wayang suket, topeng dan lain-lain. 

Apalagi kalau kita liburan bersama keluarga dan anak-anak, mengenalkan budaya kepada mereka sangat penting. Untuk lokasi museum ini ada di Kec. Wuryantoro, Wonogiri.

12. Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur

Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur

Sendang asri waduk gajah mungkur menjadi wahana liburan di Wonogiri yang menarik untuk kiita kunjungi selanjutnya. Lokasi objek wisata ini ada di Jalan Raya Wonogiri, Desa Sendang, Kec. Wonogiri.

Lokasi tepatnya ada di tepian waduk gajah mungkur, dan sudah lama menjadi tempat wisata keluarga di Wonogiri.

Ada banyak wahana dan fasilitas yang disediakan disini, ada taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci. Juga ada arena : Water Boom” yang memiliki macam permainan air seperti kolam ember tumpah, seluncuran berkelok serta lazy river. Ditepian waduk gajah mungkur juga ada fasilitas kuliner khusus bagi yang pecinta kuliner

13. Alas Kethu

Alas Kethu

Objek wisata Wonogiri selanjutnya adalah alas Kethu. Alas kethu sendiri menjadi objek wisata berupa hutan Jati yang rindang, kayu putih, dan mahoni sehingga menjadi paru paru kota Wonogiri juga.

Objek wisata ini terletak di jantung Kota Wonogiri sehingga aksestabilitasnya sangat mudah untuk dijangkau. Biasanya tempat ini sering dijadikan lokasi syuting yang membutuhkan gambar hutan yang rindang.

Alas kethu bisa menjadi tempat liburan yang menenangkan untuk anda. Sangat pas untuk menghilangkan lelah aktivitas semingguan ini.

14. Puncak Cumbri

Puncak Cumbri

Destinasi wisata Wonogiri yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah puncak bukit Cumbri. Puncak bukit cumbri ini belakangan hits karena foto-foto fenomenal beberapa wisatawan yang viral di medsos fb, twitter dan instagram.

Berkat medsos, bukit cumbri menjadi tenar dan sangat terekenal. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi bukit cumbri, terapat 3 jalur yang bisa kita pilih, diantaranya :

  • Pintu Timur : dusun jatisari, desa biting, kecamatan purwantoro
  • Pintu Tengah : dusun sumber, desa biting, kecamatan purwantoro
  • Pintu Barat : dusun kepyar, desa kepyar, kecamatan purwantoro

Walaupun terbilang pendek, namun jalur yang harus kita lalui cukup menguras tenaga, pendakian bisa kita tempuh dengan waktu sekitar 1 jam, tergantung kecepatan kita, jalurnya cukup terjal dan licin, jadi hati hati ya.

Alamat: Desa  Kapyar, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. 95 km dari kota Solo. Untuk masuk ke lokasi ini, anda harus membayar Rp. 3000/ motor.

15. Wisata Air Telaga Rowo Batuwarno

Wisata Air Telaga Rowo Batuwarno

Objek wisata di Wonogiri selanjutnya adalah wisata air telaga rowo Batuwarno. Disini wisatawan bisa menikmati permianan sepeda air, mencicipi nikmatnya  wisata kuliner, wisata terapi zona, wisata pemancingan dan sentra industri furniture.

Lokasi telaga Rawo ini berada di Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno. Objek wisata ini sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat, terutama dari kecamatan Batuwarno yang meresmikan dan melengkapi fasilitas yang ada untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya.

16. Telaga Claket Selogiri

Telaga claket selogiri

Wisata Wonogiri selanjutnya adalah sebuah telaga buatan yang ada dimdaerah selogiri. Lokasi ini biasanya dijadikan tempat untuk mengtualisasikan diri melalui foto.

Telaga Claket Selogiri ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk foro prawed. Objek wisata yang ada di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri ini lima tahun lalu dipoles dengan menambahkan unsur agrowisata. 

Akses menuju Telaga Claket begitu mudah dijangkau. Dari Kantor Desa Sendang Ijo, saya hanya perlu berkendara sepeda motor tak sampai 10 menit menuju telaga itu. Jalanan menuju Claket juga mudah dilalui dan ada penunjuk jalan yang diletakkan untuk memudahkan pengunjung saat melintasi persimpangan jalan.

Sensasi outbond di objek wisata ini adalah menikmati pemandangan telaga dari atas gunung. Selain anak sekolah, telaga ini rutin dikunjungi para pemancing. Ada tiga komunitas pemancing yang rutin menyambangi Telaga Claket setiap Selasa, Jumat dan Minggu. Dari setiap kunjungan tersebut, pengelola berhasil menghimpun pendapatan antara Rp100.000-Rp300.000 per satu kunjungan untuk serombongan. Nilai yang diakui masih sangat murah sebab pihaknya menyadari Wisata Telaga Claket belum sempurna.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan tempat wisata di Wonogiri yang menarik untuk kita kunjungi, sangat sayang untuk dilewatkan. Sebenarnya masih ada beberapa lagi objek wisata Wonogiri yang menarik untuk kita kunjungi. Nah, jika anda memiliki cerita atau pengalaman liburan di Wonogiri, tidak ada salahnya kalau berbagi juga dengan yang lainnya melalui form koementar di bawah.

Itulah 16 objek wisata Wonogiri yang menarik untuk dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lewatkan juga 44 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

One Response

Leave a Reply

error: Content is protected !!