32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Coba

Tempat Wisata Kuliner di Bandung – Bandung merupakan Kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dari Jakarta maupun daerah lain di Jawa Barat dan Sekitarnya. Hal ini sangat wajar sekali, karena ada banyak sekali tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi baik bersama teman, pasangan, keluarga atau bersama rekan kerja. Selain itu, Bandung juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Apalagi Kota Bandung yang kini dipimpin oleh Kang Emil benar-benar menjadi tempat yang sangat nyaman dan aman. Tata kota yang apik serta berbagai fasilitas publik yang terus ditambah serta diperbaiki membuat Kota Bandung memang layak menyandang gelar Paris van java. Selain tempatnya yang keren-keren, ternyata kuliner di Bandung juga enak-enak. Kuliner di Bandung sudah banyak yang terkenal di seluruh penjuru negeri ini. Nah, kali ini Tempatwisataseru.com akan berbagi tempat wisata kuliner di Bandung yang tidak boleh dilewatkan.

Setidaknya ada 32 tempat wisata kuliner di Bandung yang wajib kita coba, sebenarnya masih ada banyak lagi. Rasanya 32 saja sudah cukup banyak, tapi kalau anda punya tempat rekomendasi silahkan sebutkan di kolom komentar, nanti akan kami tambahkan juga, atau anda pemilik tempat makan di Bandung yang enak, nah silahkan bagikan juga kepada kami supaya bisa kami terbitkan atau kami tambahkan di tulisan ini.

32 Tempat Wisata Kuliner di Bandung

Tempat_Wisata_Kuliner_di_Bandung_-_Kampung_Daun_oeb6vy

1. Cie Rasa Loom Buah Batu

Tempat wisata kuliner di Bandung - Cie Rasa Loom Buah Batu

Tempat wisata kuliner di Bandung yang pertama adalah Cie Rasa Loom Buah batu, kuliner andalan disini adalah mie aceh yang sudah sangat terkenal itu.

Ada banyak sekali menu yang lezat dan menggoyang lidah di resto ini, roti canai susu, mie rebus spesial, martabak kari kambing dan lain sebagainya.

Untuk harganya:

Mie Rebus Spesial [IDR 19.000] | Roti Canai Susu [IDR 11.000] | Martabak Kari Kambing [IDR 28.000] | Es Teh Tarik Susu [IDR 10.000] | Es Timun [IDR 8000] (Sewatku-waktu bisa berubah).

Lokasi Cie Rasa Loom ada di Jalan Terusan Buah Batu, anda bisa datang kesini kapan aja, karena resto yang dominan warna merah ini buka 24 jam. Nah kalau anda sedang galau jam 1 malam langsung aja kesini, mudah-mudahan sembuh galaunya. 

Kedai Mie Aceh Cie RASA Loom. Jagonya Mie Aceh.
Jl. Buah Batu No. 154
Buka 24 jam non stop.

2. Kampung Daun

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Kampung Daun

loading...

Kampung daun adalah salah satu tempat wisata kuliner paling terkenal di Bandung. Warga bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan kampung daun. Nah, bagi anda yang berasal dari luar Bandung, silahkan mampir ke kampung daun untuk menikmati sajian kuliner yang lezat di Bandung.

Dengan desain yang cukup unik, berupa suasana pedesaan, membuat kampung daun sangat populer dan menjadi incaran tempat makan bersama keluarga.

Selain suasana pedesaan yang menenangkan jiwa, tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Sersan Bajuri ini juga menawarkan suasana romantis pada malam hari dengan pencahayaan yang pintar. Makanan yang dapat dipesan di restoran ini di antaranya: surabi, batagor, nasi liwet, gurame bakar, nasi timbel, bebek bakar, nasi goreng, sop buntut, nasi bakar, sampai dengan steak, iga bakar, dan es krim.

Nah, kalau anda ke Bandung, jangan sampai tidak mampir ke Kampung Duan ya.

3. Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Tempat wisata kuliner di Bandung - Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Ada banyak tempat makan iga bakar di Bandung yang enak dan sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah iga bakar si Jangkung yang terkenal itu.

Dinamai demikian karena sang pemilik memiliki postur tubuh yang tinggin menjulang.

Jika anda tertarik untuk mencoba iga bakar si Jangkung silahkan datang ke Jalan Cipaganti, warung iga tenda ini menawarkan iga yang tidak biasa. Apa yang membuatnya tidak biasa? Bila sebagian besar restoran iga akan menyajikan iga bakar dengan tulangnya, di Iga Bakar Si Jangkung Anda tidak akan menemukan tulang.

Disajikan dengan nasi hangat dan ditaburi dengan 3 pilihan taburan berupa bawang merah, cabe rawit, atau tomat, iga sapi bakar di Iga Bakar Si Jangkung sangatlah lezat. Dengan rasa daging yang manis dan gurih, rahasia dari Iga Bakar Si Jangkung adalah dagingnya yang direbus selama 3 jam dan kemudian dipanggang dan dipanaskan dengan wajan tanah liat. Pecinta iga bakar wajib mencoba iga bakar yang satu ini.

4. Nasi Kalong

Tempat Wisata kuliner di Bandung - Nasi Kalong

Namanya aneh sekali ya? Tapi tenang nasi kalong itu bukan untuk kalong kok. Kenapa dinamai nasi kalong mungkin karena bukanya pada malam hari ya.

Kalau warung nasi kalong sudah buka, hmm, pelanggan akan mengantri panjang sekali, mengular gitu.

Lokasi warung nasi kalong ada di Jalan RE Martadinata. Dan akan dibuka mulai pukul 7 malam sampai dengan dini hari, sangat cocok untuk mengisi perut yang keroncongan pada malam hari. Tidak perlu takut datang ke tempat makan ini pada malam hari, karena tempat ini sangatlah ramai dengan pengunjung yang kelaparan, jangan heran bila melihat antrian yang mengular.

Menu andalan yang paling disukai di sini adalah nasi berwarna hitam dilengkapi dengan lebih dari 20 jenis lauk yang dapat dipilih sendiri seperti tahu goreng, ayam goreng madu, tumis buncis bakar, dan lain-lain. Nasi hitam yang disediakan sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak dengan kluwek, ditambah dengan cabai, bawang merah, kepala parut goreng, daun salam, dan bumbu lainnya. Bila tidak ingin makan nasi ini, tidak perlu kuatir karena tersedia juga nasi putih.

5. Yoghurt Cisangkuy

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Yoghurt CisangkuyYogurt merupakan salah satu olahan susu yang menyehatkan tulang gigi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kota Bandung juga punya resto yogurt yang enak dan tidak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke Bandung.

Silahkan datang ke Jalan Cisangkuy nomor 85, Yoghurt Cisangkuy telah menjadi tempat nongkrong yang nyaman dengan menu yang sehat. Yoghurt sendiri merupakan sebuah produk hasil olahan dari susu fermentasi yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Tidak seperti yoghurt pada umumnya, Yoghurt Cisangkuy menawarkan yoghurt yang tidak asam, melainkan mempunyai berbagai pilihan raasa yang enak. Bukan hanya itu saja, yoghurt ini juga disajikan dengan buah, sesuai dengan rasa yoghurt yang dipesan, jadi bila Anda memesan yoghurt rasa strawberry maka di dalam yoghurt tersebut akan ada buah strawberry juga.

Kalau anda tidak mau rasa strawberry, anda bisa mencoba rasa yang lain seperti moka, lecci, coklat, dan anggur dengan harga yang terjangkau, hanya 9.500 Rupiah saja. Selain yoghurt, Anda juga dapat memesan beberapa jenis snack hangat seperti sosis goreng, kentang goreng, somay, batagor, sate, dan lain-lain.

Wah ternyata cukup lengkap ya cemilan disini.

6. Roemah Nenek Resto Cafe

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Roemah Nenek Resto CafeKalau warga Bandung pasti sudah sangat kenal dengan Roemah Nenek Resto Cafe.

Resto ini sudah sangat populer bagi masyarakat Bandung, nah untuk anda yang berasal dari luar Bandung silahkan mencicip kuliner disini, menu andalannya berupa chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar, pasta, sampai dengan masakan lokal. Suasana restoran ini cukup nyaman dengan nuansa rumah klasik dan udara yang sejuk khas Bandung.

Dimana lokasinya ya? Silahkan datang aja ke Jalan Taman Cibeunying Selatan nomor 47 ini juga dilengkapi dengan internet gratis untuk semua pelanggan Roemah Nenek Resto Cafe.

7. Raja Rasa

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Raja RasaKalau berbicara soal rasa raja rasa memang ahlinya. Raja rasa merupakan sebuah resto yang berlokasi di Jalan Setra Ria, Bandung.

Resto dengan menu seafood dan sunda ini menjadi salah satu tempat makan yang enak di Bandung. Suasana yang didesain tenang dan asri serta penuh dengan citarasa seni akan membuat anda nyaman berada disini.

Nah, kalau anda tertarik untuk makan disini, raja rasa buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sd 10 malam.

Menu andalan disini berupa kangkung hotplate, udang saos keraton, gurame bakar jimbaran, cumi goreng, krapu saus kecap, sup kepiting, kerang hijau pedas, sop iga, sampai dengan ayam bakar. Selain menu perorangan, restoran yang terletak di depan Mall Setra Sari ini juga menawarkan paket makanan yang dapat dimakan sampai dengan 4 orang.

8. Paskal Food Market

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Paskal Food Market

Satu lagi tempat makan di Bandung yang selalu ramai oleh pengunjung adalah paskal food market, disini anda bisa menikmati aneka kuliner khas bandung sampai menu jepang dan korea.

Silahkan datang aja ke Pasir Kaliki, dekat stasiun Bandung, Paskal Food Market mempunyai lebih dari 100 penjual makanan

Paskal food market memiliki konsep ruangan terbuka, Anda akan dimanjakan oleh udara sejuk kota Bandung ditemani dengan makanan hangat yang nikmat.

Cukup dengan bermodalkan 10.000 Rupiah, Anda sudah bisa menikmati makanan enak yang ditawarkan di Paskal Food Market. Karena harga makanannya yang tidak mahal, Paskal Food Market sering kali dikunjungi oleh pelajar dan anak muda. Selain itu, tempat wisata kuliner ini juga dilengkapi dengan kolam keberuntungan dan suasana romantis dengan lampu dan obor yang dibuat sedemikian rupa.

9. Rumah Sosis

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Rumah Sosis

Ini bukan rumah sosis biasa, disini selain bisa menikmati olahan sosis yang sangat enak anda juga disuguhkan dengan aneka hiburan, konsepnya eat, swim, play”.

Untuk rasanya sendiri tidak usah diragukan lagi, sosis disini terbuat dari berbagai bahan tergantung anda suka yang mana, ada sosis ayam, sapi, ikan, ada yang besar, dan juga ada yang kecil. Bagi yang tidak ingin makan sosis, tidak perlu kuatir karena tempat wisata kuliner ini juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, nasi liwet, chicken katsu, dan lain-lain.

Selain menyajikan makanan yang enak, Rumah Sosis juga mempunyai banyak wahana permainan yang menyenangkan, misalnya mini golf, perahu sosis, kolam renang, lorong sesat, dan lain-lain. Wahana permainan ini tidaklah gratis dan mempunyai harga yang berbeda-beda.

10. Pino Pizza

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Pino Pizza

Anda suka pizza, tenang ada banyak penyedia pizza di Bandung. Salah satunya yang terkenal adalah Pino Pizza.

Anda bisa mencoba pizza, salad, dan pasta dengan harga yang bersaing dibanding dengan restoran pizza lain. Pizza yang ditawarkan di sini cukup beragam dengan harga mulai dari 45.000 Rupiah. Yang paling menarik adalah menu pizza manis yang hanya ditawarkan diPino Pizza saja. Apa itu pizza manis?

Pizza manis adalah pizza yang topping-nya tidak berupa daging atau sayur, melainkan berupa topping manis, seperti apel dan pisang. Selain pizza, Pino Pizza juga menawarkan tuna salad, pasta carbonara, pasta aglio olio, oreo latte, dan lain-lain.

11. Atmosphere Resort Cafe

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Cafe menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang paling diminati, selain karena lokasinya yang strategis juga menu yang menggoda selera.

Menu Eropa yang disajikan dijamin akan membuat anda ketagihan. Meskipun menu Eropa, anda bisa menikmatinya dengan gaya ‘ndeso’ lesehan.

Bila Anda tidak ingin duduk lesehan, tidak perlu kuatir karena restoran berkapasitas 650 orang ini juga mempunyai meja dan kursi seperti biasa. Selain itu, terdapat juga gazebo ala Bali yang dapat Anda gunakan untuk makan bersama keluarga. Di sekitar gazebo ini Anda akan melihat banyak kolam ikan yang semakin menambah kenyamanan. Menu Atmosphere Resort Cafe yang paling favorit adalah steak.

12. The Peak

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - The Peak

Satu lagi tempat di Bandung yang tidak boleh anda lewatkan, The Park. The Park sendiri berlokasi di Jalan Desa Karyawangi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Bandung menuju ke lokasi dengan ketinggian 1200 meter ini, anda akan disuguhkan perjalanan yang menyenangkan, apalagi kalau malam hari. 

Disini anda dapat menikmati sajian barat dan lokal dengan harga mulai dari 20.000 Rupiah sampai dengan lebih dari 500.000 Rupiah.

Menu paling oke di restoran ini adalah steak, steak yang ditawarkan ada bermacam-macam, mulai dari sirloin, tenderloin, rib eye, sampai dengan steak kobe. Tempat makan ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan kota Bandung dengan cara yang romantis dan mengenyangkan.

13. The Valley Bistro Cafe

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - The Valley Bistro Cafe

Kalau mencari resto di Daerah Dago, silahkan mampir ke The Valley Bistro Cafe.

Restoran dengan design yang romantis sangat menunjang makan bersama pasangan.

Disini anda akan menikmati suasana yang asri, pemandangan alam yang indah ditambah lagi dengan udara yang sejuk.

Kalau malam hari, penerangan dilengkapi dengan obor dan lilin untuk menambah keromantisan suasana. 

Harga makanan di The Valley Bistro Cafe bisa mencapai 100.000 Rupiah per porsi.

14. Maja House

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Maja House

Maja House menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Disini, makanannya terkenal dengan citarasanya yang enak dan pemandangan sekitarnya yang indah.

Restoran yang satu lokasi dengan hotel Stevie G ini tidak hanya menyediakan tempat duduk saja untuk makan, melainkan juga kasur dan selimut untuk mereka yang tidak tahan dengan dinginnya Lembang.

Menu rekomendasi restoran yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri nomor 72 ini adalah spaghetti dan steak.

15. Sapu Lidi

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Sapu Lidi

Anda sedang berada di daerah Lembang? Ada tempat makan yang asyik yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu sapu lidi.

Namanya sangat unik sekali ya. Namun kalau soal rasa, makanan disini sangat enak sekali. Sebenarnya sapu lidi adalah tempat penginapan, namun kuliner disini terkenal sangat enak.

Sapu Lidi menawarkan pengalaman makan dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk. Dengan tempat makan berupa saung di dekat sawah, Sapu Lidi menawarkan berbagai jenis masakan Sunda, Indonesia, sampai dengan masakan ala Eropa.

16. Iga Bakar Mas Giri

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Iga Bakar Mas Giri

Selain iga bakar si Jangkung, iga bakar mas Giri juga terkenal di Bandung. Resto ini selalu ramai oleh pengungjung untuk menimati sajian iga bakar yang menggoda selera. Selain menyajikan iga bakar dalam porsi normal, Iga Bakar Mas Giri dapat memanjakan penikmat iga bakar dengan porsi super besar. Dijamin Anda pasti terbuai dengan rasanya yang yahud. Selain menjadi tempat makan iga bakar, tempat ini menyediakan iga penyet yang tidak kalah menggoyang lidah.

17. Tempat Wisata Kuliner di Bandung – Iga Bakar Buncit

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Iga Bakar Buncit

Iga bakar buncit? Tenang, anda tidak akan buncit kok setelah menyantap iga bakar buncit ini. Uniknya, Iga Bakar Buncit ini terkenal dengan iga bakar paling enak nomor 2 di dunia. Iga Bakar Buncit memang mengusung tagline sebagai iga bakar paling enak nomor 2 di dunia. Nah, baru membaca taglinenya saja pasti sudah penasaran untuk membuktikan rasa iga bakarnya kan? Tak heran jika pengunjuung banyak yang datang karena rasanya yang tidak mengecewakan.
Alamat : Jl. RE. Martadinata No. 62

18. Sate Anggrek

Tempat Wisata di Bandung - Sate Anggrek

Anda penggemar sate? Silahkan coba sate anggrek yang ada di Jalan Anggrek, bersimpangan dengan Jl Riau. Anda pasti akan mudah menemukannya karena asap dari pembakaran sate biasanya tampak mengepul hingga ke jalan.

Beberapa menu yang tersedia adalah sate ayam, sate sapi, sate kambing, dan ada juga sate telur. Satenya enak dengan ukuran yang cukup besar, tidak berbau, dan dagingnya pun empuk.

Di sini juga dijual soto sulung yang rasanya juga lezat. Sate Anggrek ini mulai dijual dari sore hingga malam hari.

19. Kupat Tahu Gempol

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu gempol juga menjadi salah satu kuliner andalan Kota Bandung, terutama yang ada di Jalan Gempol. 

Kupat Tahu Gempol berlokasi di Pasar Gempol, Jln Gempol Kulon No. 53, Bandung. Lokasinya berada di antara Jalan Dago dan Jalan Banda. Kupat Tahu Gempol yang sudah berjualan sejak tahun 1975 ini juga membuka tiga cabang lainnya, yaitu di daerah Setiabudhi, Dago, dan Lapangan Gasibu.

Nah, kalau anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang aja pada pukul 05.30 – 10.00 pagi. Hmmm, nikmatnya kupat/lontong dengan tahu goreng dan tauge yang disiram dengan tauge! 

20. Bebek Ali (Bebek Borromeus)

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Bebek Ali (Bebek Borromeus)

Meskipun tidak disajikan di rumah makan berkelas, namun kalau soal rasa Bebek ali bisa diadu. Silahkan datang aja ke tenda di belokan seberang pintu selatan RS Borromeus (Tepatnya di Jalan Hasanuddin 8, Bandung) sudah dikenal seantero Bandung. Bebeknya empuk, lezat, dan juga tidak amis. Rasa sambalnya juga pas, nggak terlalu menggigit. Benar-benar bikin ketagihan, deh! Setiap harinya Bebek Borromeus ini mulai berjualan pukul 17.00 dan kadang pukul 19.00 pun stok bebeknya sudah habis.

21. Batagor Hanjuang

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Batagor Hanjuang

Siapa yang tidak kenal dengan batagor. Batagor sudah ‘menjelajah’ ke pelosok Indonesia.

Nah, kalau anda ke Bandung, jangan sampai tidak mencoba Batagornya ya.

Salah satu penjual batagor yang bisa anda coba adalah Batagor gerobak di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina (belakang Istana Plaza).

Batagornya nggak terlalu berminyak, ikan tenggirinya cukup terasa dan bumbu kacangnya juga enak. Untuk khas kuliner kaki lima, Batagor Hanjuang ini TOP banget rasanya. Jangan disamakan dengan Batagor Kingsley atau Riri. Murah dan Enak.

22. Bebek Garang

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Bebek Garang

Selain Bebek Ali anda juga bisa mencoba bebek garang yang ada di Braga. Berbeda dengan menu bebek lainnya, Bebek Garang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan unik. Bahkan, Bebek Garang menyediakan menu khusus bagi pencinta makanan pedas, yaitu menu bebek debus.

Bebek Garang Jl. Braga 34 Bandung Telp. (022) 420 983 5

23. Es Duren Pak Aip

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Es Duren Pak Aip

Anda penggemar durian? Silahkan datang aja ke warung es duren pak Aap. Harganya yang murah namun soal rasa tidak diragukan lagi. Warung durian pak aip ada di Jl. Tubagus Ismail, disini tersedia beberapa varian rasa es duren. Namun, yang wajib dicoba pertama kali adalah es duren original. Rasanya dijamin bikin lidah bergoyang. Tidak salah jika es duren ini menjadi kuliner murah paling enak di Bandung.

24. Sate Padang Ajo

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Sate Padang Ajo

Kalau anda mau mencoba sate Padang di Bandung silahkan datang aja ke Jl.Cikapundung. Disini anda bisa mencoba sate Ajo, Ajo itu sebutan untuk laki-laki di Pariaman.

25. Bakso Ojo Dumeh

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Bakso Ojo Dumeh

Kalau anda penggemar bakso jangan sampai tidak mencoba bakso ojo dumeh yang sangat terkenal itu.

Bakso Ojo dumeh berbeda dari bakso lainnya, karena ukurannya sangat besar.  

Anda bisa mencoba bakso ini, lokasinya ada di Cikuda dekat Jatinangor. Dari Unpad Jatinangor tinggal naik angkot 04 aja 5-10 menit juga pasti sampai di baso ojo dumeh.

Kalau dari arah Cileunyi/ Bandung Baso ojo dumeh terletak di sebelah kanan, kalau dari arah tanjungsari baso ojo dumeh terletak di sebelah kiri.

Rasa bakso Ojo dumeh sangat enak dan biasanya mereka yang sudah pernah kesini, ingin balik lagi.  Nah untuk harga satu mangkok baso yang biasa itu Rp.8000 sedangkan untuk baso yang berukuran besar Rp.17.000

26. Nasi Kuning Pasirkoja

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Nasi Kuning Pasirkoja

Nasi kuning Pasirkoja adanya pada malam hari, sekitar jam 1-2 pagi. Menariknya, ada 2 tempat nasi kuning enak yang sama-sama jualan di Jalan Pasirkoja.

NKP Kiri nuka pada pukul 9 malam, lokasinya dekat sekali dengan persimpangan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo, di sebelah kiri (searah). Sayuran yang bisa dipilih: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom.

NKP Kanan buka sekitar 8.30 malam, lokasi di sebelah kanan Jalan Pasirkoja sebelum persimpangan dengan Astana Anyar. Di sini bisa pilih mau pakai nasi uduk atau nasi kuning, Sayurannya pun lebih banyak pilihannya: rendang, telur, tahu, sayur waluh (labu siam), kentang kotak, soun goreng, tempe, dan sambal. Bonusnya di sini ada kentang kering.

27. Nasi Tutug Oncom

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Nasi Tutug OncomBagi warga luar Sunda pasti asing mendengar nama kuliner yang satu ini.

Nasi Tutug Oncom ini berasal dari daerah Tasikmalaya, Nasi Tutug Oncom ini banyak ditemukan di rumah makan khas Sunda.

Perpaduan nasi yang dicampur oncom saja sudah nikmat, apalagi ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambel.

Salah satu tempat makan yang recommended untuk makan Nasi Tutug Oncom di Bandung adalah di Sangrai, depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda. Di sana ayam gorengnya bisa diganti burung puyuh yang memang specialty menu di Sangrai.

28. Nasi Cikur

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Nasi Cikur

Selain Tutug Oncom, anda juga bisa mencoba makanan khas sunda lainnya yaitu , nasi cikur.

Nasi cikur bisa dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng/bakar, gepuk, lalapan dan sambal.

Salah satu warung di Bandung yang menu spesialnya nasi cikur adalah Warung Inul di daerah Dago Resort.

Sudah 2 kali pindah tempat, lokasi terakhirnya saat ini dekat Marbella Suite Hotel di area Dago Resort. Buka setiap hari jam 7.00 – 21.00.

29. Boemi Joglo

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Boemi Joglo

Boemi Joglo menjadi slaah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang menawarkan suasana tradisional dan alami. Di Boemi Joglo, pengunjungnya diharuskan menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai tempat makan.

Ketika mencapai tempatnya, Anda akan diberi pilihan untuk bisa menikmati menu makanan Khas Jawa Barat. Anda bisa memilih makan di saung, di dalam rumah, tenda payung, atau bisa juga di balkon. Semua tempat tersebut sangatlah nyaman digunakan. Anda juga bisa langsung menikmati Kota Bandung dari tempat ini.

30. Kopi Ireng

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Kopi IrengAnda pecinta kopi? Coba kopi ireng yang ada di bukit pakar. Di resto ini berbagai vairian rasa kopi disajikan dan diracik oleh peracik kopi handal, bernama Karneli Sadikin. Tentu, bagi pecinta kopi, nama Karneli Sadikin sudah tidak asing lagi sebagai seorang yang ahli meracik kopi.

Tidak hanya kopi, ada menu-menu makanan juga yang bisa Anda coba di tempat wisata kuliner ini. Mulai dari makanan camilan hingga menu makanan berat tersedia di Kopi Ireng. Bagi Anda yang ingin mencicipi kopi dengan suasana alam dan pemandangan Bandung yang menakjubkan, kunjungi tempat wisata kuliner ini di Jl. Bukit Pakar Timur No. 1, Dago Pakar, Bandung.

Address: Jl. Bukit Pakar Tim. No.1, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
Phone:(022) 2531074

31. Stone Café

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Stone Café

Masih di kawasan Dago, anda bisa menikmati aneka menu Eropa yang dibalut dengan suasana Eropa Klasik.

Nama restonya ada Stone. Lokasinya ada di kawasan Dago Pakar, Bandung. Restoran yang mengusung konsep Eropa Klasik ini menghadirkan suasana alam pedesaan yang menyenangkan untuk pengunjung. Banyak batu-batu kali menghiasi dinding-dinding kafe. Inilah yang membuat pengelola café memberi nama “stone” pada café tersebut.

Terletak di Jl. Rancakendal Luhur No. 5, Dago Pakar Bandung, Stone Café memang memberikan suasana rileks, nyaman, dan natural kepada pengunjungnya. Di kafe ini pengunjung bisa memilih tempat untuk bisa menikmati makanan yang disajikan.

Pengunjung bisa menikmati hidangan di dalam ruangan, disebuah gazebo besar yang merupakan bangunan utama yang terdiri atas tiga lantai. Ada juga gazebo-gazebo kecil berada diluar bangunan utama (outdoor) dengan konsep lesehan yang dilengkapi dengan bantal-bahtal kecil untuk pengunjung.

Untuk pilihan menu, pengunjung bisa menikmati berbagai menu pilihan, mulai dari menu utama, menu pendamping, hingga minuman. Harganya pun cukup terjangkau, untuk makanan range harga dimulai dari Rp 35.000 hingga Rp. 100.000, sedangkan untuk minuman, dibandrol dengan harga mulai Rp 10.000.

32. Lisung Café

Tempat Wisata Kuliner di Bandung - Lisung Café

Lisung Café menjadi tempat wisata kuliner di Bandung yang terakhir dari kami, lokasinya strategis dan romantis membuat cafe ini digemari oleh psangan yang sedang merayakan cinta. 

Lisung Café merupakan sebuah resto dengan nuansa alam yang terletak di Jl. Dago Pakar Timur No. 111, Bandung. Kebanyakan dari pengunjung di kafe ini merupakan sepasang muda-mudi. Tapi, bukan berarti tempat ini hanya untuk pasangan kekasih. Banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat makan bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja sekalipun.

Harganya menu disini cukup terjangkau, menu makanan yang tersedia di tempat ini dibandrol mulai dari harga Rp. 20.000. Yang unik dari tempat makan ini dibanding tempat lain adalah adanya tempat Lovelock. Lovelock di Lisung Café tidak kalah dengan lovelock yang terletak di Paris, Cologne, Praha, Seoul, atau tempat lovelock lainnya. 

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan tempat wisata kuliner di Bandung? Sangat sayang sekali untuk dilewatkan jika kita berkunjung ke Kota Kembang ini. Jangan lewatkan juga 28 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

10 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!