33 Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah

Tempat Wisata di Kebumen – Kekayan Indonesia sangat tidak terbatas, keindahan alamnya diakui oleh seluruh dunia, potensi sumber daya alamnya menjadi salah satu kebanggan Ibu pertiwi. Alamnya yang indah serta sejuk menjadikan Indonesia begitu dicintai.

Potensi wisata di Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khasnya masing-masing. Pantainya indah, pegunungannya menyejukan, hutannya rindang, dan masih banyak keindahan Indonesia lainnya. Kali ini kita akan mengeksplorasi alam Kebumen. Kita akan kupas semua tempat wisata di Kebumen Jawa Tengah.

Ada banyak sekali tempat wisata di Kebumen yang menarik untuk kita kunjungi. Beberapa diantaranya sudah sangat terkenal, seperti pantai suwukm pantai karang bolong, pantai ayah, pantai menganti, dan sebagainya. Kebumen tidak hanya memiliki pantai saja, masih ada banyak potensi wisata di Kebumen yang menanti untuk kita eksplorasi.

Tempat Wisata di Kebumen yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 33 tampat wisata di Kebumen yang wajib anda kunjungi. Sebenarnya masih ada banyak lagi spot wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Mengenai nomor urutan objek wisata di bawah ini tidak menunjukkan peringkat, hanya penomoran saja. Silahkan eksplorasi tempat-tempat berikut ini:

1. Pantai Logending Kebumen

Pantai Logending Kebumen

Pantai Logending Kebumen

Tempat wisata di Kebumen yang pertama adalah pantai Ayah atau pantai Logending. Pantai ini termasuk salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Kebumen.

Pantai yang berada di Desa Ayah, kecamatan Ayah ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen, wah lumayan jauh juga ya.

Pantai ini terkenal sangat indah ditambah lagi hutan di sekitarnya yang masih asri. Disini kita bisa berkeliling dengan menggunakan perahu wisata. Sedikitnya 40 perahu wisata dikelola oleh masyarakat melalui peguyuban setempat dengan dua kapasitas perahu, yakni berpenumpang 40 dan 60 orang.

Rute layanan perahu wisata itu dari Pantai Logending ke tempat di dekat Jembatan Bodo yang membatasi Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, sejauh sekitar 13 kilometer atau waktu tempuh 20 menit.

Untuk menambah keseruan di pantai ini, sudah dilengkapi dengan berbagai fasiltias seperti areal parkir kendaraan wisata, tempat perkemahan, mandi, cuci, dan kakus, penginapan, serta tempat bermain anak-anak. Saat lapar, anda juga tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai ada banyak warung makanan ringan hingga makan berat.

Aneka ulier lezat tersaji di pinggir pantai mulai dari kepiting, udang, dan ikan bawal. Selain itu, produk penganan seperti grubi dan gula kelapa. Mereka juga membuka kios suvenir terutama anyaman berbahan baku pandan dan kerajinan kerang.

Berikut ini beberapa tarif dari fasilitas yang tersedia:

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk pantai Rp 5 ribu per kepala.
  • Pengunjung yang ingin mengelilingi pantai dengan naik kuda, silakan merogoh kocek Rp 15 ribu untuk sekali putaran.
  • Pengunjung juga bisa menjelajahi pasir pantai secara lebih menyenangkan dengan menaiki kendaraan ATV seharga Rp 25 ribu untuk perjalanan 15 menit atau 5 kali putaran.

2. Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen

Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai karang bolong? Pantai yang kekinian ini. Pantai karang olong menjadi tempat wisata di Kebumen yang wajib kita kunjungi.

loading...

Pantai karang bolong sendiri terletak di Kecamatan Buayan. Pantai karang bolong berpasir abu-abu plus sejumlah batu karang yang menambah keindahan pantai ini.

Ada bukit-bukit tinggi yang juga bisa disaksikan oleh para pengunjung pantai dalam mengelilingi Pantai Karang Bolong. Suasana pantai yang lebih nyaman didukung juga oleh adanya deretan pohon kelapa. Pengunjung yang kelaparan setelah jalan-jalan pun bisa singgah di beberapa warung yang ada di sekitar pantai demi mengisi tenaga.

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk pantai sebesar Rp 3 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan Rp 2 ribu saja.

Keunikan Obyek Wisata ini terletak pada hunian burung lawet di dalam  gua. Terdapat 3 (  tiga ) gua dimana burung lawet tinggal yaitu Gua Pasir, Karangduwur dan Karang Bolong. Sarang burung lawet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan sarang lawet dilakukan 4 kali yaitu pada musim 2, 4, 7, 9 ( kalender Jawa ). Sebelum pengunduhan sarang burung lawet  didahului dengan upacara selamatan.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun lalu, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

3. Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai menganti menjadi tempat wisata di Kebumen yang harus masuk dalam daftar kunjungi anda. Pantai Menganti sendiri memiliki cerita yang berkembang sejak dahulu hingga kini.

Alkisah, ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang menjalin kasih dengan seorang perempuan di mana hubungan tersebut tidaklah direstui. Karena restu tidak didapat, maka sang panglima pun kabur. Pantai ini adalah lokasi tempat mereka janjian untuk bertemu, tapi sepanjang hari sang panglima menunggu, kekasih hatinya tidak muncul juga dan membuat sang pria berada dalam sebuah penantian.

Berikut ini daftar tiket masuk pantai menganti kebumen:

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 2 ribu untuk dapat menikmati pantai ini.
  • Pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan Rp 1 ribu saja.

Untuk lebih jelasnya sudah diuraikan pada: Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Tersembunyi

4. Pantai Pecaron Kebumen

Pantai Pecaron Kebumen

Pantai Pecaron Kebumen

Pantai Pecaron masih terbilang sepi pengunjung. Nah, karena itu, pantai ini masih sangat alami dan asri, karena belum banyak tangan-tangan yang mengotori pantai ini.

Pantai Pecaron ini kalau dari segi luas dan panjang lebih kecil ketimbang pantai lainnya. Lokasi pantai ini sendiri berbada di kecamatan yang sama dengan Pantai Logending dan Menganti, Kecamatan Ayah.

Pasir pantai Pecaron juga abu-abu. Untuk para wisatawan yang suka mengunjungi pantai yang tidak terlalu ramai, maka Pantai Pecaron sangat tepat. Pengunjung bisa masuk ke pantai ini dengan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 saja.

5. Wisata Alam Kebumen Curug Silancur

Curug Silancur Kebumen

Curug Silancur Kebumen

Selain pantai, wisata curug atau air terjun juga menjadi andalam wisata Kebumen lainnya. Curug Silancur menjadi destinasi wisata yang mesti anda kunjungi saat liburan di Kebumen.

Curug Silancur ini memang belum terlalu ramai oleh wisatawan, namun soal keindahan tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata Kebumen yang satu ini sepi dikarenakan untuk mencapainya membutuhkan perjuangan ekstra.

Nah, bagi pecinta alam, ini menjadi tantangan tersendiri yang mesti anda pecahkan, dan semakin menarik tentunya bukan?  Untuk menikmati air terjun ini kita tidak perlu membayar tiket masuk cukup biaya penitipan sepeda motor Rp 5 ribu saja.

Lokasi air terjun Silancur ini ada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung. Curug ini tingginya mencapai 20 meter lebih dan jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk kolam. Jarak air terjun ini dari Pusat Kota sekitar 35 KM, lalu berjalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke dasar jurang.

6. Wisata Alam Kebumen Goa Jatijajar

Wisata Alam Kebumen Goa Jatijajar

Wisata Alam Kebumen Goa Jatijajar

Goa Jatijajar menjadi tempat wisata di Kebumen yang wajib anda kunjungi. Objek wisata ini sudah sangat terkenal, bukan hanya oleh wisatan Kebumen saja, tetapi juga oleh wisata dari luar Kebumen.

Goa ini masih berada di Kecamatan Ayah. Goa yang memilii tunggi sekitar 12 meter ini memiliki ke dalaman atau panjang sekitar 250 meter.

Untuk bisa masuk ke dalam goa kapur ini kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

7. Pantai Karang Agung Kebumen

Pantai Karang Agung Kebumen

Pantai Karang Agung Kebumen

Pantai Karang Agung ini cukup unik daripada pantai-pantai lainnya, karena pantai karang agung tidak memiliki pasir. Keunikan pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dari namanya saja kita bisa mengetahui bahwa pantai ini dipenuhi dengan karang. Memang, pantai karang agung ini didominasi oleh karang-karang yang berdiri kokoh di pinggirnya.

Pantaini juga belum ramai dikunjungi oleh wisatawan, sehingga kalau anda ingin liburan ke tempat yang sepi, ke pantai ini bisa menjadi alternativenya.

  • Pengunjung hanya dikenakan biaya 5 ribu untuk masuk ke pantai.
  • Biaya masuk sudah termasuk biaya parkir.

8. Air terjun Superman’s Big Sister

Air terjun Superman’s Big Sister

Air terjun Superman’s Big Sister di Goa Barat. via diasporaiqbal.blogspot.com

Air terjun supermen’s big sister ini menjadi destinasi wisata di Kebumen selanjutnya. Objek wisata ini berada di dalam sebuah goa, goa barat yang letaknya tidak jauh dari goa Jatijajar.

Di dalam goa jajar inilah terdapat air terjun nan eksotis dan menghipnotis mata siapa saja yang melihat.

Goa Barat berada tak seberapa jauh dari Goa Jatijajar yang terkenal itu, tepatnya di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Kamu bisa menjelajah goa ditemani pemandu plus peralatan caving yang lengkap dengan membayar Rp 180.000 per rombongan.

9. Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur

Anda hobi mendaki gunung? Nah, kalau ke  Kebumen anda juga bisa coba untuk menaklukan gunung Duwur. Kalau dalam bahsa jawa, Guwur berarti tinggi.

Nah anda bisa melakukan trekking di puncak gunung duwur yang terletak di Desa Watukelir, kecamatan Ayah, gunung ini tingginya memang hanya 500 mdpl. Dari atas sini kita bisa bisa melihat luasnya samudera Hindai. Luasnya Samudera Hindia yang terhampar di bagian selatan tampak istimewa, dihiasi dengan pembatas berupa garis pantai dan cakrawala.

Untuk sampai ke puncaknya, setidaknya kamu perlu trekking selama satu jam melalui medan tanah berbatu. Karena belum ada jalur pendakian resmi, harap berhati-hati dan tinggalkan tanda sebagai penunjuk saat kamu pulang nanti.

10. Waduk Sempor Kebumen

Waduk Sempor Kebumen

Waduk Sempor Kebumen via ndahsaja.com

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya adalah sebuah waduk yang memiliki panorama menakjubkan, waduk Sempor. Waduk yang dijadikan sebagai objek wisata ini bisa menjadi pilihan untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi waduk sempor ini berada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kebumen, waduk ini bila dari Gombor hanya memiliki jarak tempuh 4 kilometer. Walau di Kebumen memang relatif panas, namun berada di waduk yang didirikan pada tahun 1978 ini akan terasa segar.

Untuk dapat menikmati liburan di waduk ini, pengunjung dikenakan tarif:

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2 ribu saja.

11. Arung jeram Padegolan

Arung jeram Padegolan

Arung jeram Padegolan

Anda ingin menguji adrenalin? Bagi anda yang suka dengan kegiatan yang menantang dan mengundang bahaya, anda bisa coba taklukan arung jeram Padegolan.

Sungai Padegolan ini menjadi favorit wisatawan karena rute yang bervariasi, ada yang full menatang dan landai biasa. Sungai Padegolan merupakan sungai limpahan air di bawah Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun.

Jika anda ingin mencobanya, silahkan datang saja ke desa Sendang Dalem yang merupakan titik mulainya.  Air sungai Padegolan sangat jernih karena langsung berasal dari dari waduk, ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan di kiri-kanan sungai bikin trek ini terasa cepat berlalu.

Untuk jarak yang kita tempuh hanya sekitar 7 km saja, untuk mencapainya waduk ini bisa dengan perjalanan 2 jam dari Wonosobo atau Magelang dan juga bisa ditempuh juga dari Purworejo maupun Kutoarjo dengan 1,5 jam.

12. Wisata Sejarah di Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya adalah sebuah bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini.

Bangunan yang merupakan benteng ini berada di Kecamatan Gombong yang berjarak sekitar 35 dari pusat Kota Kebumen. Benteng Van der Wijck ini dicat warna merah merona yang pada awalnya dibangun untuk barak militer yang ditujukan guna meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Kini, sebagian kompleks benteng dijadikan Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara bagian lainnya dimanfaatkan sebagai obyek wisata, lengkap dengan taman bermain dan kereta mini.

13. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung via mustikajikebumen.blogspot.com

Buat anda anak Goelogi, pertambangan, geografi atau kebumian dan sebagainya, cagar alam karangsambung harus anda masukan ke dalam daftar tempat wisata di Kebumen yang akan anda kunjungi.

Anda pasti sangat tahu bagiamana dahsyatnya cagar alam ini. Cagar alam karang sambung sendiri terletak di Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Tempat ini adalah titik dengan jenis batuan terlengkap di muka bumi, sehingga dijadikan sebagai tempat untuk meneliti sejarah perkembangan bumi.

Kita pasti akan takjub dengan berbagai fenomena geologi yang terjadi, ada patahan, crack, siklin, antiklin, dan formasi batuan lainnya.

Bagaimana permukaan laut bisa terangkat, bagaimana semua itu bisa ada disini. Cuma anda yang tahu, bagaimana lautan bisa terangkat ke permukaan, perpaduan antara batuan beku dan sedimen. Amazing!

14. Obyek wisata Kebumen pantai petanahan

Obyek wisata Kebumen pantai petanahan

Obyek wisata Kebumen pantai petanahan

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya yang mesti anda kunjungi adalah pantai Petanahan. Pantai ini sangat asyit dan seru untuk bermain pasir atau mandi-mandi.

Pantai ini juga memiliki cerita dari mulut ke mulut hingga kini. Konon, dahulu ada seorang wanita bernama Dewi Sulastri yang merupakan istri dari seorang abdi di Pucung Kembar bernama Raden Sujono.

Sang istri diculik saat Raden Sujono tengah bertugas dan penculikan tersebut dilakukan oleh Joko Puring yang jatuh cinta pada Dewi Sulastri. Joko Puring membawa istri Raden Sujono ke Pantai Karanggadung dan memaksanya untuk menjadi istrinya. Sampai Raden Sujono datang menyelamatkan istrinya, sang istri tetap menolak dipersunting oleh Joko Puring.

Pantai Petanahan sendiri lokasinya ada di Desa Munggu, Kecamatan Petanahan, Kebumen. Untuk bisa liburan di pantai ini, wisatawan dikenakan tarif:

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk Rp 3 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang usiana 5 tahun ke bawah dikenakan biaya Rp 2 ribu saja.

15. Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen

Ini dia salah satu pantai yang terkenal di Kebumen, pantai Suwuk. Pantai Suwuk lokasinya ada di desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen.

Pantai Suwuk ini selalu ramai oleh wisatawan, apalagi pada saat liburan dan akhir pekan. pada hari biasa saja pantai ini selalu di padati wisatan, apalagi pada saat musim liburan.

Pantai ini mendapatkan perhatian besar dari pemerintah daerah, sehingga wisatawan lebih memilih pantai suwuk sebagai destinasi wisata di Kebumen saat liburan. Bahkan, bukan hanya fasilitas yang lengkap. Di pantai ini juga disedikan wahana permaian semacam waterboom yang dilengkapi dengan pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi keunggulan dari pantai ini.

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3 ribu.
  • Pengunjung anak-anak yang berusia 5 tahun ke bawah dikenakan biaya Rp 2 ribu saja.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca pada postingan: Liburan ke Pantai Suwuk Kebumen Jawa Tengah

16. Pantai Lampon Kebumen

Pantai Lampon Kebumen

Pantai Lampon Kebumen

Pantai lampon bisa menjadi tempat wisata di Kebumen yang anda kunjungi selanjutnya, pantai ini memang masih sepi pngunjung. Salah satu alasannya adalah karena pantai ini tidak terlalu luas.

Meskipun demikian, pantai Lampon memiliki pemandangan yang indah dan cantik. Dengan pasir yang berwarna kecoklatan, pantai ini wajib dikunjungi bagi yang ingin mendapatkan ketenangan dari hiruk-pikuk kota dan kesibukan.

Masih jarangnya pengunjung menjadikan tempat ini bisa diakses secara gratis. Pantai ini berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

17. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal

Di Kebumen juga ada pemandian air panas yang bisa kita cobain. Tempat ini bisa kita jadikan tempat untuk menyegarkan tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Objek wisata di Kebumen ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak sayang untuk dilewatkan, pemandian air panas krakal berada di Krakal, Alian, Kec. Kebumen.

Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung, dibuatlah area bermain untuk anak-anak serta taman di sekelilingnya. Di tempat ini tersedia kamar VIP yang masing-masing terpisahkan oleh beton dan jumlah kamar tersebut ada 6 buah. Ada bangku-bangku panjang yang juga disediakan untuk menunggu di bagian depan kamar-kamar tersebut.

Berikut ini beberapa tarif yang dikenakan untuk wisatawan:

  • Pemandian Air Panas Krakal ini melayani pengunjung mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.
  • Pengunjung dewasa hanya perlu membayar Rp 3 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan Rp 2 ribu.
  • Jika ingin mandi sekalian, pengunjung wajib mengeluarkan uang sebesar Rp 7.500.

18. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman kota jendral HM Sabini menjadi salah satu tempat nongkrong di Kebumen, terutama pada malam hari. Taman ini pada malam hari akan dipenuhi oleh anak-anak muda dan keluarga yang ingin menghabiskan malam bersama sambil menikmati sajian kuliner yang ada di sekitarnya.

Taman ini memiliuki luas lahan sekitar 7.860 meter persegi ini masih terbilang baru dibuka, yaitu pada tahun 2012. Untuk tempat berfoto, taman kota ini sangat pas namun pengunjung juga bisa menemukan area untuk hotspot, serta taman bermain untuk anak di sekitarnya.

19. Bukit Pranji Kebumen

Bukit Pranji Kebumen

Bukit Pranji Kebumen

Tempat wisata di Kebumen yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah bukit Pranji. Bukit ini berada di  Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan.

Bukit ini menjadi tempat mendaki plus berkumpul untuk menikmati matahari terbit dari ketinggian. Selain untuk menikmati keindahan sang surya terbit dan tenggelam, anak-anak muda yang datang biasanya juga bermalam untuk menikmati keindahan gemerlap bintang pada malan hari.

Bukit Pranji sangat sempurna untuk menyambut sunrise. Jika langit bersih, kamu bisa melihat gunung Sindoro dan Sumbing berdiri gagah di kejauhan. Tempat ini juga mudah dijangkau, baik itu dengan mobil maupun sepeda motor. Tidak ada biaya parkir karena jika naik kendaraan tersebut, bisa dititipkan di rumah penduduk yang lokasinya ada di bawah kaki bukit.

20. Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen via IG @baihaqi.krw

Satu lagi bukit di Kebumen yang bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata yaitu bukit langit. Bukit langit terletak di Desa Giripurno Kecamatan Karanggayam.

Bukit langit merupakan tempat wisata terbaru di Kebumen, sehingga sedang hits dan hangat saat ini, dan menjadi perbincangan di kalangan netizen karena foto-foto fenomenal yang di ambil di bukit yang eksotis ini.

Sama dengan bukit pranji, disini anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam. Anda juga bisa melakukan kegiatan camping di bukit ini.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya anda datang kesini pagi-pagi ‘buta’ atau menjelang sore hari agar bisa mendapat momen matahari terbit atau tenggelam terbaik. Bukit langit bisa masuk dalam daftar tempat wisata murah di Kebumen yang menarik untuk kita kunjungi.

21. Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan

Tempat wisata Kebumen yang tidak boleh anda lewatkan adalah sebuah objek wisata terpadu di desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Jembangan Wisata Alam (JWA).

Kawasan Wisata Alam Jembangan terletak sebelah timur laut kota kebumen berjarak kurang lebih 20 km dari kota Kebumen. Untuk bisa menikmati berbagai wahana ini kita harus membayar tiket masuk Rp 3000.

Wisatawan akan dimanjakan dengan tiga site utama yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu Telaga hijau yang bersisian dengan hutan yang masih alami, Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung.

Kita bisa berleliling dengan perahu air untuk menimati keindahan telaga Jembangan ini. Untuk memanjakan wisatawan, pengelola melengkapi dengan berbagai fasilitas untuk anak seperti Jembangan Fantasy Zoo, Wahana permainan anak dan Perahu air.

Untuk bisa melihat berbagai satwa di Jembangan Fantasy Zoo kita harus membayar tiket masuk Rp 5000/orang, disini terdapat berbagai satwa seperti aneka burung, gajah, kera dan lain sebagainya.

Adapun wahana permaianan anak yang tersedia mulai dari perosotan, ayunan, wahana putaran untuk anak dan lain sebagainya. Tiket masuk wahana ini berkisar Rp 3000-5000/orang.

Sementara untuk menikmati keindahan telaga dari perahu air, kita harus menyewa perahu dengan harga per unit Rp 15.000 untuk kapasitas dua orang/30 menit. Sementara Perahu unit besar disewakan dengan harga Rp 15.000/orang. Perahu unit besar ini enak dinikmati jika anda datang secara berombongan.

22. Pantai Bocor Kebumen

Pantai Bocor Kebumen

Pantai Bocor Kebumen

Satu lagi pantai di Kebumen yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan bersama orang tercinta, pantai Bocor. Namanya cukup unik, pantai ini sangat asyik untuk bermain, apalagi untuk anak-anak.

Di pantai Bocor ini terdapat berbagai arena bermain anak-anak, ini salah satu alasan yang akan membuat anak-anak betah bermain di pantai ini.

Setelah lelah bermaian dan merasa lapar, juga tersedia warung-warung yang menyajikan aneka kuliner lezat disini. Silakan nikmati pecel dengan kupat serta aneka macam gorengan seperti tahu susur dan tempe goreng. Nikmati pula rempeyek atau peyek undur-undur laut yang menjadi kekhasan di Pantai Bocor.
Pantai ini termasuk salah satu pantai yang banyak pengunjungnya, apalagi pada akhir pekan dan hari libur. Waktu yang tepat untuk datang ke tempat ini adalah saat pagi hari, anda dapat menikmati matahari pagi yang sangat menghangatkan tubuh kita dengan hembusan angin laut yang lumayan kuat. Tidak mahal untuk memasuki kawasan Pantai Bocor, anda cukup mengeluarkan Rp. 2.000,-.

23. Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk Kebumen

Goa petruk menjadi tempat wisata di Kebumen selanjutnya yang bisa anda jelajahi. Goa ini lokasinya tidak jauh dari Goa Jatijajar yang sudah dibahas sebelumnya.
Nama goa ini disesuaikan dengan stalaktit dan stalakmit yang masih asli bentuknya menyerupai payud*ra, tugu pancuran, baju putih dan semar, tokoh di dalam pewayangan.
Untuk dapat masuk ke goa ini disediakan alat-alat seperti headlamp, spatuboot, baju tahan air (coverall), helm pelindung kepala. Penelusuran goa dapat dilintasi dengan jarak panjang sejauh 664 m dan jarak pendek 150 m . Pemandu wisata akan selalu mendampingi dan membawakan lampu charge sebagai penerangnya.

24. Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo menjadi tempat wisata di Kebumen yang cukup unik dan menarik untuk kita kunjungi. Pasir pantai Lembupurwo kecoklatan hingga hitam.
Pantai ini berada di bagian timur dari pusat kota Kebumen. Jalan untuk menuju lokasi ini sudah sangat bagus dan mudah unuk dilalui menggunakan kendaraan pribadi.
Sambil menikmati hembusan angin yang sepoy-sepoy, kita bisa sambil makan tempe mendoan dengan rasa khas dari daerah sini. Serta ada juga Rempeyek undur-undur yang rasanya hampir mirip seperti udang.
Pantai Rowo di Lembupurwo ini mempunyai pemandangan alam pantai yang juga sangat indah dan tak kalah menarik. Anda akan puas setelah mengunjunginya. Selain pemandangan yang indah berupa hamparan pasir hitam, di kawasan pantai di kebumen jawa tengah ini juga ada danau rawa serta pepohonan cemara yang rindang di sekitar pantai. Wisata pantai kebumen Pantai Rowo ini beralamat di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

25. Air Terjun Sudimoro Kebumen

Air Terjun Sudimoro Kebumen

Air Terjun Sudimoro Kebumen

Air terjun atau curug Sudimoro bisa anda masukan ke dalam daftar tempat wisata di Kebumen yang akan anda kunjungi. Pasalnya air terjun ini sangat eksotis karena memiliki 4 tingkatan yang akan membuat siapa saja yang datang akan takjub karena keindahannya.

Lokasi curug Sudimoro sendiri ada di desa Donorejo, Kenteng, Kebumen. Curug ini termasuk air terjun yang tertinggi di Kebumen.

Bagi anda yang tertarik untuk liburan kesini, anda bisa melalui Kenteng. Jalan menuju Curug Sudimoro cukup menantang, selain jalan sebagian besar jalan berbatu dengan tanjakan yang tinggi membuat para pengendara sepeda motor yang ingin menuju sana harus extra hati-hati.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai curug ini sekitar 1 jam dari Gombong. Jalur tersebut juga sering menjadi track bagi para pecinta goes dan mountain bikeres karena jalurnya yang sungguh menantang dan membuat adrenanin naik.

Bagi wisata yang hendak liburan ke curug ini, sebaiknya datang pada musim penghujan, karena usim pada kemarau tiba, debit air di curug tersebut berkurang sehingga traveller tidak bisa menikmati dinginya dan segarnya air curug sudimoro.

26. Air Terjun Sawangan Kebumen

Air Terjun Sawangan Kebumen

Air Terjun Sawangan Kebumen

Selanjutnya, setelah curug Sudimoro, anda juga bisa mengunjungicurug Sawanganyang berada di Kawasan Karst Gombong Selatan.
Air terjun sawangan sendiri ketinggiannya mencapai 50 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang stabil sedangkan di musim kemarau debit airnya akan mengecil namun tak akan kering.

Lokasi air terjun sawangan ada di Dusun Nogosari Desa Karangduwur, kecamatan Ayah. Untuk masuk kesini, kita harus membayar tiket yang loketnya masih bergabung dengan loket masuk ke Pantai Menganti.

Untuk bisa menikmati segarnya air terjun sawangan, kita harus menempuh jalan setapak yang sempit dan naik turun mengikuti kontur perbukitan karst. Sedikit gambaran untuk menuju ke lokasi, pertama kita mengikuti rute menuju ke Pantai Menganti. Lalu pilih jalan ke arah kanan loket, masih bisa menggunakan kendaraan roda dua namun tidak untuk roda empat. Ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu sebuah bangunan diujung Tanjung Nogosari. Parkirkan kendaarn bangunan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju air terjun.

27. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah via  IG @andrapn

Selain bukit langit yang merupakan destinasi wisata terbaru di Kebumen juga ada bukit Pentulu Indah yang tidak kalah seru untuk kita kunjungi. Bukit pentulu indah ini berada di Desa Hepii.

Bukit ini menawarkan lanscape panoraman alam yang menakjubkan seperti yang ada di gardu pandang Kalibiru Jogja.

Dari atas bukit ini, kita akan melihat keindahan alam Kebumen yang sangat menakjubkan. Objek wisata ini menjadi salah satu tujuan favorit anak-anak muda diakhir pekan.

Anda juga bisa camping di sini, karena luasnya dataran di bukit ini, jadi jika kamu ingin berkemah tidak perlu kawatir mencari tempat lagi.

Lokai : Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

28. Curug Kedondong Kebumen

Curug Kedondong Kebumen

Curug Kedondong Kebumen via @harryadhy

Traveller, curug kedondong yang berada di desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam ini bisa juga kamu masukan ke dalam daftar tempat wisata alam di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 23 meter saja. Untuk mencapainya, butuh waktu perjalanan sekitar 30 – 45 menit saja, atau sekitar 26 km dari pusat kota Kebumen.

Lokasi curug ini memang agak dipedalaman, sehingga membuat curug ini masih belum terlalu banyak di jamah, dari perumahan warga, jaraknya sekitar 45 meter, dan kita harus berjalan kaki melewati ladang.

Curug ini belum resmi dikelola menjadi tempat wisata jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Tidak ada kolam untuk berendam cantik di bawah curug ini, tapi kamu bisa foto-foto di antara bebatuan dan air curug sebagai backgroundnya, sambil mandi-mandi ala ‘bidadara’.

29. Curug Plumbon Kebumen

Curug Plumbon Kebumen

Curug Plumbon Kebumen via @gunk96

Nah, curug Plumbon menjadi curug terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi di Kebumen. Gurug yang juga memiliki nama lain curug Kali ini terletak diantara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Letak curug ini sekitar 16 km dari pusat kota Kebumen. Jika anda tertarik untuk menikmati keindahan dan sejuknya curug Plumbon, silahkan mampir saja, lokasinya dekat dengan SD N 2 Plumbon atau bisa dibilang curug ini berada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jadi kalau kamu ingin ke curug ini, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraanmu di sekitar SD N 2 Plumbon, lalu melanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai.

Curug yang tidak terlalu tinggi ini memiliki air yang sangat jernih dan segar, tingginya hanya sekitar 15 meter saja. Selain itu, bentuk curug yang unik, lihat saja fotnya.

30. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis Kebumen

Pantai Surumanis Kebumen

Satu lagi tempat wisata di Kebumen yang menawarkan keindahan pantai yang menawan, pantai Surumanis yang masih berada di sekitar Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Pantai ini letaknya di sebelah timur Pantai Pecaron dan seperti pantai Pecaron, pantai ini belum banyak dikunjungi orang. Dari pantai Pecaron kamu cukup berjalan sejauh 1 km dengan melewati jalan yang terjal dan sulit tapi keasrian pantai akan melenyapkan rasa lelahmu.

Deburan ombak di pantai ini akan membuat pikiran dan mood lebih rileks.  Tebing batu yang membingkai pantai ini cocok untuk anda yang suka berfoto

Pasir pantainya yang bersih serta warna airnya yang jernih akan membuat anda betah berlama-lama di pantai ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Pantai Surumanis.

31. Taman Reptil Kebumen

Taman Reptil Kebumen

Taman Reptil Kebumen via lotuspensinatiwie

Taman reptil yang terletak di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen, Jawa Tengah, juga bisa menjadi tempat wisata anda sekeluarga.

Tempat wisata di Kebumen ini belum terlalu terkenal, namun bagi anda yang tertarik untuk melihat aneka reptil silahkan datang saja ke tempat penagkaran berbagai reptil ini.

Jika kamu penyayang reptil maka kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai reptil. Berawal dari hobi memelihara reptil seperti ular, biawak, kura-kura dan beberapa jenis binatang lain, Ambar Sutoyo sang pemilik akhirnya membuka Taman Reptil Adiluhur (TARA).

Tidak ada salahnya kalau kita membantu promosikan tempat-tempat wisata yang masih belum begitu tenar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas lagi.

32. Jemur Adventure Park

Jemur Adventure Park

Jemur Adventure Park via tribunnews.com

Jika anda ingin liburan dengan nuansa permaian di lapangan, tidak ada salahnya kalau mencoba Jemur Adventure Park sebagai alternatif untuk liburan bersama keluarga.

Jemur Adventure Park terletak di Desa Jemur, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Untuk memudahkan mencari lokasi ini, dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen) ke arah utara sampai menemukan gerbang bertuliskan Jemur Adventure Park.

Jemur Adventure Park (JAP) adalah wahana outbond yang didirikan melalui program PNPM yang bertujuan mengembangkan potensi desa. Tempat outbond ini tergolong murah dan sangat terjangkau dengan semua permainan yang disediakan. Meski masih tergolong sederhana karena masih dalam proses pembangunan, wisata ini patut kamu coba.  

33. Gading Splash Water Kebumen

Gading Splash Water Kebumen

Gading Splash Water Kebumen via thearoengbinangproject.com

Nah, tempat wisata di Kebumen yang terakhir adalah wahana permaian air, Gading Splash Water Kebumen. Lokasinya yang berada di pinggir Jalan Raya Soka, Kebumen membuat wahana permainan ini sangatm udah dijangkau.

Wahana permainan ini juga lokasinya berdekatan dengan alun-alun kota Kebumen, hanya berjarak sekitar 300 meter saja. Letaknya juga ada di dalam ibukota Kebumen.

Kolam renang yang sangat artistik, dimana desain bangunan adalah percampuran budaya barat dan timur ini sangat cocok untuk tempat hiburan bagi keluarga.

Untuk menambah keseruan, berbagai fasilitas permainan seperti area bermain anak-anak, terdapat pula cafe dan mini market, serta terdapat tempat fitnes yang modern sampai area untuk erobic disediakan.

Wahana liburan ini biasanya selalu penuh oleh pengunjung waktu liburan atau akhir pekan. Mereka yang datang tidak hanya ingin berenang saja, ada yang berolahraga dan hanya jalan-jalan saja. Untuk dapat masuk ke dalam pengunjung harus membayar tiket untuk hari Senin s/d Jumat  Rp. 9.000, bagi pengunjung usia 3 tahun ke atas. Sementara  hari Jumat 12.00 – 17.00 tempat ini dikhususkan bagi putri, kecuali hari besar.

Kalau anda lapar juga tidak pelru keluar area, karena berbagai kuliner lezat sudah tersedia seperti Mie ayam, Bakso dan Siomay dll.

Untuk area parkir juga cukup luas dengna tarfi: parkir sepeda Rp. 500, sepeda motor Rp. 1000, mobil pribadi Rp, 1500, mobil umum Rp. 2000

 Bagaimana? Kira-kira kapan anda berencana akan liburan ke tempat wisata di Kebumen? Segera buat planning, kira-kira tempat wisata yang mana saja yang akan dikunjungi.
Demikianlah rekomendasi tempat wisata di Kebumen yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk mempromosikan tempat wisatadi Kebumen ini kepada yang lainnya agar tempat wisata di Kebumen semakin dikenal dan semakin diminati. Kunjungi juga 20 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah

3 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!