31 Tempat Wisata di Jakarta Pilihan Liburan Seru Keluarga

Tempat wisata di Jakarta – Ibukota Jakarta, jika anda mendengar nama Ibukota negara kita, kira-kira apa yang terbayang dibenak anda? Apa macet, banjir, polusi atau kebisingan kota Metropolitan? Meskipun demikian Jakarta memiliki daya pikat dan magnet bagi setiap orang.

Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Asi Tenggara. Dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa, menjadikan ibukota Jakarta kota yang padat penduduk. Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan, pusat bisnis, dan pusat kebudayaan. Dibalik itu semua, ternyata ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi.

Beberapa tempat wisata di Jakarta yang pasti sudah tidak asing lagi seperti Ancol, monas, TMII dan dufan. Selain itu, ternyata masih ada banyak sekali tempat liburan di Jakarta yang lebih indah daripada di luar negeri sana.

31 Tempat Wisata di Jakarta

Setidaknya Tempatwisataseru.com berhasil merangkum 31 tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh anda lewatkan, berikut ini diantaranya:

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen Nasional (Tugu Monas)

Tempat wisata di Jakarta yang pertama adalah Monas. Monas merupakan ikan dari Ibukota, bahkan dari Indonesia itu sendiri. Monas menjadi salah satu simbol kemerdekaan Indonesia ini memiliki tinggi sekitar 32 meter (433 kaki).

Tugu Monas didirikan secara khusus untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penajah Belanda. Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini bermahkotakan lidah api yang dilapisi lembaran emas.

Selain sebagai monumen untuk memperingati perjuangan melawan penajajahan, Moans kita menjadi salah satu tempat liburan di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatanawan, apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan datang, Monas selalu dipadati oleh pengunjung.

Monas dibuka untuk umum setiap hari sejak jam 8 pagi hingga 3 sore, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Monas juga dilengkapi dengan Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter dibagian dasar. Museum ini cukup besar, dengan ukuran 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung hingga 500 orang. Terdapat lift yang akan membawa Anda ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda dapat menyaksikan panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift menampung paling banyak 11 orang sekali angkut dan pelataran puncak Monas maksimal dapat menampung hingga 50 orang.

Untuk dapat masuk, wisatawan yang datang harus membayar tiket dengan harga Rp 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa Rp 3 ribu, dan anak-anak Rp 2 ribu. Untuk menggunakan lift ke puncak Monas, Anda dapat membayar tiket lift sebesar Rp 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu.

Kunjungi juga Liburan Seru ke Telaga Arwana Cibubur Bersama Keluarga

loading...

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata di Jakarta yang tidak kalah terkenalnya adalah Taman Mini. Taman Mini Indonesia Indah tidak hanya populer bagi warga Jakarta saja, tetapi juga ke seleruh penjuru tanah air.

Bagi anda yang hendak liburan di Jakarta, jangan sampai tidak mampir di TMII. Wahana liburan untuk keluarga ini menyediakan wahana untuk dari anak-anak, kaum muda, dan orang tua.

Anda pasti akan betah berlama-lama disini, anda dapat menikmati wahana seperti Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, tak ketinggalan pula Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, serta puluhan wahana lain yang menarik. Disamping wahana, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang cocok untuk kemajuan pendidikan anak. Beberapa wahana yang paling sering dikunjugi adalah teater keong mas yang unik, kereta gantung, kolam renang “snowbay” serta istana anak-anak Indonesia. Lokasi Taman Mini berada di Jakarta Timur di wilayah Cipayung.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Tempat liburan di Jakarta yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah kepulauan Seribu. kepulauan seribu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, terutama wisata bahari.

Cakupan Kepulauan Seribu terdiri dari Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana santai jika dikunjungi bersama keluarga.

Disini, anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat mempesona, pasit putih bersih yang halus, pemandangan matari tenggelam yang cantik.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Siapa sih yang tidak kenal dengan Ancol? Ancol Dreamland merupakan tempat liburan di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatawan, baik dari jakarta maupun luar Jakarta.

Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya dari lokal saja, wisatawan dari mancanegara juga ramai yang datang berkunjung ke Ancol.

Serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland termasuk tempat wisata di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Letak Ancol Dreamland cukup strategis sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Dan seperti tempat wisata untuk keluarga pada umumnya, Ancol Dreamland menyajikan sejumlah wahana yang cocok dinikmati oleh semua golongan usia. Ada wahana Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, atau Sea World yang disukai kaum muda dan anak-anak. Tentu saja, Anda akan dikenai biaya lagi untuk menikmati wahana-wahana yang ada di Ancol Dreamland.

Adapun tiket masuk pintu gerbang Ancol adalah sebesar Rp 25 ribu serta tarif masuk kendaraan Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu. Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan mall, resto, bahkan dermaga kapal pesiar menuju kepulauan seribu. Kawasan di utara ibukota ini memang mengkhususkan hiburan keluarga bagi segala umur. Lokasinya ada di wilayah utara, jika anda berangkat dari pusat kota (monas), maka hanya sejauh 7 kilometer saja.

5. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan menjadi tempat liburan di jakarta yang selanjutnya. Dunia fantasi menjadi tempat bermain favorit keluarga, jadi sangat disayangkan kalau sampai tidak anda kunjungi.

Memang, untuk area dufan tidak terlalu luas, hanya sekitar 9 hektar saja. Namun, di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik yang siap memanjakan para pengunjung.

Dunia Fantasi terbagi menjadi beberapa spot dengan background negara-negara besar di dunia, seperti hal-hal bernuansa Eropa, Amerika, dan Indonesia sendiri. Uniknya masing-masing spot ini dilengkap sejumlah wahana bermain yang cukup lengkap, seperti kolam renang ukuran besar dan berbagai fasilitas hiburan.

6. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Nama kebun binatang ragunan tentu sudah tidak saing laig di telingan anda. Kebun binatang andalan di Jakarta ini selau ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan, pengunjung akan memadati kebun binatang ini dari pagi hari.

Ragunan sendiri sudah ada sejak lama, sekitar tahun 1864. Awalnya, kebunbinatang ini dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia. Luas area tempat wisata di Jakarta yang satu ini sebesar 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yang populer ini juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, membuat suasananya menjadi begitu sejuk dan nyaman.

Untuk bisa masuk, kita hanya membayar tiket Rp 4 ribu (dewasa) saja per orang dan anak-anak Rp 3 ribu. Anda dapat mengajak putera-puteri untuk menaiki wahana dan satwa, seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton pentas satwa. Tetapi tentu saja, masing-masing wahana dan satwa tunggangan tersebut dikenai biaya.

7. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung via alfahpulautidung.com

Masih di Kepulauan Seribu, pulau Tidung menjadi salah satu tujuan wisata di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi.

Pulau Itdung memiliki garis pantai yang begitu teduh dan asri, membuat wisatawan betah berlama-lama singgah di pulau kecil ini. Dominasi suasana yang tenang dan nyaman tentunya sangat cocok untuk bersantai bersama teman, kerabat, dan keluarga.

Pulau tidung menjadi tempat favorit wisata pantai di Jakarta. Ada banyak fasilitas di Pulau ini, seperti Jet Sky, Water Sport, Olahraga Kano, Banana Boat, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang hobi mengunjungi tempat wisata air di Jakarta, Pulau Tidung adalah satu destinasi favorit untuk liburan keluarga.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak: 15 Tempat Wisata Pulau Tidung dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

8. Ocean Ecopark

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark merupakan salah satu tempat favorit untuk liburan di Jakarta, tempat ini menjadi spot favorit ngadain konser maupun party artis-artis lokal maupun luar negeri. Nah buat yang suka mancing, Ocean Ecopark baru meluncurkan sebuah program terbaru yang bernama Ecofishing, cuma dengan membayar tiket Rp. 25.000, kamu udah bisa memancing sekaligus dapat joran dan umpan.

Disini anak-anak akan diajarkan back to nature, anak-anak dapat belajar menanam, bersepeda, top-tree walking. Konsep wisata disini liburan dengan cara bermain dan belajar botani di alam terbuka (green lifestyle).

Harga tiket masuk ke ecopark akan kami ulas tersendiri karena tergantung macam permainan yang anda ingin gunakan. Kisarannya di harga Rp. 25.000 hingga Rp. 180.000 tergantung hari dan jenis permainan.

Selain itu, terdapat juga rumah lebah, kano, paintball (khusus 14 tahun ke atas) dan outboundholic. Di sini juga tersedia eco-market yang tentu disukai kaum wanita khususnya sang ibu untuk memberikan oleh-oleh bagi kerabat.

9. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Atlantis merupakan tempat wahana favorit untuk bermain air di Jakarta. Wahana ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Ada banyak wahana permaian air yang disediakan untuk pengunjung.

Anda bisa menikmati faslitas berupa Crazy Highest Longest Slide, 13 jenis permainan dan 8 kolam utama.

Jam Operasi

Senin-Jumat: 08:00 – 18:00 WIB
Sabtu/Minggu/Libur: 07:00 – 20:00 WIB

Note: Loket Penjualan Tiket ditutup 1 jam sebelum jam operasional berakhir

Tiket Reguler

Weekday Rp. 95.000
Weekend Rp. 185.000 (incld. Atlantis Value Card)
Atlantis Value Card Rp. 185.000

10. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Pualu Bidadari masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu. Tempat liburan di Jakarta yang satu ini merupakan tujuan wisata bagi kalangan menengah.

Untuk mencapai ke Pulau Bidadari, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Pelabuhan Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages, dengan 23 unit tipe deluxe, 3 unit tipe suite yang memiliki sarana olahraga, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, 2 aula serba guna, bar, restoran dan toko cinderamata. Di sini kamu juga bisa berenang sama lumba-lumba.

Bagaimana? Sangat menyenangkan bukan? Tidak heran kalau Pulau Bidadari menjadi tempat liburan favorit di Jakarta.

Ayo berlibur ke Pulau Bidadari.

11. Pelabuhan Marina

Pelabuhan Marina

Nah, kalau untuk mencapai Pulau Bidadari, kita bisa melalu pelabuhan Marina. Ternyata Pelabuhan Marina juga menjadi salah satu tujuan wisata di Jakarta yang tidak boleh kita lewatkan.

Ada banyak wahana yang bisa kita nikmati, seperti wind surfing, ski air, diving, dan sailing. Pasti sangat menyenangkan sekali bukan?

Pelabuhan ini menjadi dermaga kapal pesiar bergaya kosmopolitan pertama dan yang terlengkap di Indonesia. Marina di rancang untuk tempat kapal pesiar berbagai ukuran berlabuh.

12. Pasar Seni

Pasar Seni

Buat anda yang memiliki jiwa seni tinggi, pasar seni menjadi tempat wisata di Jakarta yang wajib anda kunjungi.

Disini merupakan pusatnya kegiatan seni serta kerajinan di Jakarta, tempat wisata di Jakarta yang satu ini banyak didatengin sama kolektor seni.

Kamu juga bisa dapetin inspirasi dan wawasan tentang seni. Tempat wisata ini adalah wujud nyata kepedulian dari Ancol atas para seniman yang berbakat. Pasar Seni di lengkapi Galeri Pameran, Toko Cinderamata, dan Panggung Pertunjukkan loh.

Gimana? Anda tertarik untuk mengunjungi pasar seni? Jangan ragu lagi, bagi kamu yang memiliki jiwa seni tinggi wajib untuk mengunjung tempat ini.

13. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Satu lagi tempat wisata di Jakarta yang manerik untuk kita kunjungi yaitu Jembatan Kota Intan. Jembatan ini dibangun pada 1628, wah sudah tua sekali ya.

Jembatan Kota Intan ini berada di sudut Ibu Kota Jakarta yang panjangnya mencapai 30 meter serta mempunyai lebar 4,43 meter.

Selain liburan, kita juga bisa menikmati nilai sejarah masa lampu dari jembatan ini, oh ya, jembatan ini juga menjadi tempat berbagai macam kegiatan, dari wisata observasi budaya bernilai sejarah, serta lokasi untuk pengambilan gambar foto para fotografer, bahkan saat ini banyak yang mengambil foto pre-wedding di jembatan Kota Intan.

Dan yang paling penting, liburan kesini gratis, tidak perlu biaya mahal.

14. Museum Fatahillah Jakarta

Museum Fatahillah Jakarta

Satu laig tempat wisata di Jakarta bernuansa sejarah yang bisa anda kunjungi yaitu Museum fatahillah. Mudeum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah yang bernomor 2. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia.

Museum fatahillah ini punya luas 1300 meter persegi di bangun tahun 1707 sampai 1710.

Kalau anda main-main ke Jakarta jangan sampai tidak mampir ke museum ini ya, selain untuk melestarikan budaya dan sejarah juga menjadi tempat kita lebih mengenal bangsa kita dimasa lampau, jangan sampai anda lewatkan.

Jangan lewatkan juga ya: 15 Aktivitas Seru di Tanjung Benoa Bali yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

15. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Museum Indonesia berlokasi di Jl Pintu Besar, Jakarta Barat. Museum ini punya tempat yang nyaman, selain ada AC serta interior yang cantik, museum ini juga menyediakan informasi sistem keuangan yang ada di Negara Indonesia sejak masa Hindia Belanda. Museum ini ngasih gambaran peranan Bank Indonesia di tanah air. Banyak banget wisatawan lokal dan luar negeri yang dateng kesini. Selain informatif juga bersih, jadi dijamin kamu yang dateng bakal betah melihat saksi sejarah dari perjalanan Bank Indonesia.

16. Ice Skating di Sky Rink

Ice Skating di Sky Rink

Siapa bilang di daerah Tropis tidak bisa main sky? Kita bisa menikmati permainan sky dan ice skating di mall Taman Anggrek Jakarta.

Arena ice skating terluas di Asia Tenggara ini merupakan konsep wisata unik dan tidak ditemukan di kota lain, yang menghadirkan permainan meluncur di es di wilayah tropis seperti di Indonesia. Tidak perlu berlibur jauh hingga keluar negeri jika tujuannya hanya ingin merasakan Ice Skating.

Untuk dapat menikmatinya, kita harus membayar tiket seharga Rp. 65.000 per orang untuk hari biasa. Sedangkan di akhir pekan maupun saat hari libur dikenakan tarif sebesar Rp. 85.000 untuk 2 jam.

Simak juga ya: Liburan Seru ke Air Terjun Pelangi Cisarua

17. Kidzania

Kidzania

Kidzania menjadi tempat wisata anak di Jakarta yang wajib untuk anda kunjungi saat liburan bersama anak-anak dan keluarga tercinta.

Lokasinya ada di lantai atas mall Pasific Place yang berada dekat dengan Polda Jaya dan gedung Bursa Efek di jalan Sudirman. Secara tidak sadar, sebenarnya anak-anak akan belajar di sini. Edutainment yang kental sangat terasa, walaupun kemasan fun cukup cerdik ditampilkan oleh pengelola.

Untuk masuk kesini, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp. 50.000 hingga Rp. 250.000, tergantung usia dan hari kedatangan. Sekedar info saja, tarif tertinggi dikenakan untuk kelompok umur 4 th – 16 th pada hari libur (non weekend). Masuk ke Kidzania ada dua sesi (saat weekend dan hari libur) yang masing-masing maksimal durasinya 7 jam. Sedangkan hari senin-kamis hanya tersedia satu sesi dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore.

18. Kawasan Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua Jakarta

Kalau anda sedang berada di Jakarta Pusat, ada satu laig objek wisata yang menarik dan tidak boleh kita lewatkan, yaitu kawasan Kota Tua.

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu tempat nongkrong dan liburan anak-anak muda, apalagi kalau meraka yang suka eksis di fotografi.

Lokasinya berada di Jakarta Pusat yang berbatasan dengan wilayah utara. Biasanya mereka datang menjelang sore, masuk ke salah satu gedung tua bersama team dan para foto model, lalu mengambil gambar dengan efek cahaya di jendela yang terbuka. Lokasi ini juga merupakan sarana rekreasi yang disukai oleh anak muda karena cafe-cafe dengan live musik-nya, serta sebagai tempat ngumpul para penggemar sepeda tua (onthel) yang unik dan dicat warna-warni.

Ada sejumlah landmark historis di kawasan Kota Tua ini, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah. Tidak hanya tempat-tempat historis, Anda juga dapat menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta aneka jajanan seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor khas Jakarta.

19. Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia Mall merupakan tempat wisata belanja di Jakarta yang tidak boleh anda lewatkan. Selain menyediakan berbagai keperluan, juga tersedia kuliner lezat yang siap kita santap. Jadi kita bisa berbelanja kemudia setelah itu menyantao aneka hidangan lezat disini.

Objek wisata Jakarta yang satu ini adalah pula salah satu tempat nongkrong di Jakarta favorit  berbagai kalangan, anak muda, eksekutif, karyawan, hingga keluarga. Ukuran mall ini terbilang besar dan spot perbelanjaan yang lengkap dari berbagai brand fashion dunia.

Lahan parkirnya juga luas, Anda patut untuk mengingat posisi parkir kendaraan Anda agar tidak sulit mencarinya. Dari salon hingga bioskop, juga restoran di Jakarta dan cafe hingga penjual desserts, tersedia di Grand Indonesia Mall.

20. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Siapa sih yang tidak kenal dengan masjid kebanggan Indonesia ini? Masjid ini menjadi simbol kerukunan umat beragama di Indonesia. Masjid yang terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki arsitektur yang unik karena memadukan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa.

Pembangunan Masjid Istiqlal dimulai pada tanggal 24 Agustus 1961. Nama “Istiqlal” berasal dalam bahasa Arab, artinya “Merdeka”. Masjid ini dibangun sebagai ungkapan dan bentuk rasa syukur bangsa Indonesia, yang atas berkat dan rahmat Tuhan YME telah terbebas dari tangan penjajah. Tahukah Anda, antara Masjid Istiqlal dan Geraja Katedral Jakarta berada dalam lokasi yang sangat dekat. Hal ini dimaksudkan oleh Presiden Soekarno sebagai lambang semangat persaudaraan, persatuan, dan toleransi beragama di Indonesia sesuai Pancasila.

Masjid Istiqlal memiliki arsitektur modern, dinding dan lantainya berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat, serta mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah. Rancang bangun masjid kebanggaan Indonesia ini diarsiteki oleh Frederich Silaban, seorang penganut agama Kristen Protestan, dengan karya desain masjid bersandi Ketuhanan.

21. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta

Berdampingan dengan masjid istiqlal, ada gereja katedral yang merupakan gereja Katolik tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1901 dengan gaya arsitektural neo-gotik sebagaimana yang dapat ditemukan di daratan Eropa. Di gereja ini, terdapat museum dengan sekitar 400 koleksi barang.

Beberapa koleksi yang terkenal adalah tongkat Paus Paulus VI dan piala Paus Yohanes Paulus II, sebagai kenang-kenangan tatkala berkunjung ke Indonesia. Museum gereja ini terbilang lengkap untuk menjelaskan tradisi Katolik.

22. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring via hsgautama.blogspot.co.id

Kalau anda ingin berbelanja aneka produk sepatu berkelas dan murah, disini tempatnya, Pasar Taman Puring.

Di pasar taman puring Anda dapat menemukan sepatu yang di-reject oleh pabrik-pabrik brand besar, juga berbagai sepatu merk terkenal versi KW. Tidak hanya sepatu, Anda juga dapat menjumpai pedagang tas, pakaian olahraga, jam tangan, hingga suku cadang mobil di pasar ini.

Pasar yang berlokasi di daerah Kebayoran Baru ini terbilang sesak akan penjual, mungkin akan mengurangi kenyamanan Anda berbelanja karena akan terasa sempit tatkala ramai pengunjung. Tetapi tentu saja, ketidaknyamanan tersebut akan pudar bila Anda telah memperoleh barang yang Anda cari.

23. Taman Suropati Jakarta

Taman Suropati Jakarta

Taman Suropati menjadi salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi, taman yang tertata dengan apik dan rapi ini menjadi tempat kumpul favorit untuk keluarga dan rekan-rekan, juga pasangan.

Taman ini lokasinya ada di kawasan elit Menteng, taman ini ditumbuhi pepohonan tinggi yang lebat sehingga menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman.

Meski luas taman yang sekitar 1.5 kali lapangan sepakbola, Taman Suropati selalu ramai dikunjungi, terutama menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda di Jakarta. Anda dapat menyaksikan aktivitas pengunjung yang berolahraga, atau komunitas-komunitas yang berkumpul seperti komunitas biola, kelompok diskusi, dan yang lainnya. Soal makanan, jangan khawatir sebab ada banyak penjual makanan dan minuman di sekeliling taman ini.

24. Museum Nasional

Museum Nasional

Museum Nasional via sketsabudaya.blogspot.co.id

Satu lagi tempat wisata sejarah di Jakarta yang bisa anda kunjungi yaitu musuem nasional. Museum ini memiliki lebih dari 141.899 benda yang terhimpun dalam 7 jenis koleksi, yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Bagi wisatawan yang kana berkunjung, museum ini dibuka setiap hari Selasa – Minggu, dari jam 8 pagi hingga 4 sore, saat weekend tutup hingga jam 5 sore.

Harga tiket masuk museu nasional yaitu Rp 5 ribu (dewasa) per orang atau Rp 2 ribu (anak-anak). Jika Anda dalam rombongan dengan minimum 20 orang, maka tiket masuk per orang dewasa adalah sebesar Rp 3 ribu dan anak-anak (TK – SMA) Rp 1.000. Turis asing dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

25. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah ABang merupakan pusat perbelanjaan yang sudah terkenal sampai ke Mancanegara. Selain murah, pasar tanah Abang juga lengkap, menjual semua keperluan kita, baju, kerudung, makanan, aksesoris dan lain sebagainya.

Pasar ini sudah buka dari subuh hingga magrib tiba. Pasar Tanah Abang selalu ramai dikunjungi dan terasa akan penuh sesak tatkala akhir pekan.

Anda sebaiknya datang di saat hari kerja jika ingin menikmati pengalaman belanja yang nyaman karena tidak penuh sesak. Juga, upayakan datang di kala pagi. Di Pasar Tanah Abang, harga-harga barang yang dijual rata-rata murah.

26. Pecinan Glodok Jakarta

Pecinan Glodok Jakarta

Etnis China ada dan mendiami hampir di sleuruh Kota di Indonesia, termasuk salah satunya adalah Pecinan Glodok. Disini etnis China hidup berkelompok.

Romantisme masa lalu dapat Anda nikmati tatkala berjalan-jalan menyusuri kawasan Pecinan Glodok mengingat Glodok secara administratif termasuk dalam area Kota Tua Jakarta.

Glodok adalah pula pusat perdangan elektronik di Jakarta serta merupakan tujuan kuliner bercitarasa Tionghoa yang sangat kental. Anda juga dapat menyaksikan bangunan-bangunan vihara dan kelenteng besar di sana.

27. Sea World Ancol

Sea World Ancol

Sea World Ancol via renpurnama.blogspot.co.id

Masih di Ancol Dreamland, anda bisa menikmati petualangan dunia laut di Sea World Ancol.

Ada banyak sekali koleksi biota di Di Sea World Ancol, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis), dan 1 mamalia.

Destinasi wisata Jakarta yang satu ini terbilang ramai dikunjungi wisatawan mengingat manfaatnya yang menghibur serta fungsi edukatifnya yang besar.

Harga tiket Sea World Ancol ini adalah sebesar Rp 80 ribu (Senin – Jum’at) atau Rp 90 ribu (Sabtu/Minggu/hari libur).

Kunjungi juga 11 Waterpark dan Kolam Renang di Bekasi yang Menarik Dikunjungi

28. Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan via www.merdeka.com

Ada satu kawasan cagar budaya yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu Setu Babakan. Setu Babakan menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi.

Disini kita bisa menemukan berbagai bangunan dan peninggalan budaya Betawi. Di area ini, terdapat sebuah danau besar yang merupakan lokasi rekreasi menyenangkan bagi banyak pengunjung.

Tempat wisata budaya Jakarta yang satu ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung, dari cara bercocok tanam, dagang, membuat kerajinan, hingga membuat makanan khas Betawi.

Di Setu Babakan, anda juga bisa menikmati kuliner lezat berupa kuliner khas Betawi yang sesungguhnya, dari kerak telor, soto betawi, hingga kue apem.

29. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapukvia harleysnote.wordpress.com

Kawasan wisata alam angke kapuk merupakan tempat wisata alam di Jakarta yang masih asri dan sangat rimbun. Tanaman bakau hidup subur dan menghijau disini.

Lokasinya ada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara,  terdapat Taman Wisata Alam berupa pepohonan bakau. Pengunjung yang kesini biasanya menikmati hijaunya pohon bakau dengan sekedar berjalan-jalan atau bersepeda.

Pengujung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti naik perahu dengan harga sewa sekitar Rp250.000.

Selain ini, jika ingin pengunjung juga bisa menanam mangrove dengan tarif sekitar sekitar Rp350.000-Rp500.000.

30. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank via ruslanmamur12.blogspot.com

Kandank Jurank Doank merupakan tempat wisata alam di Jakarta yang bisa anda kunjungi selanjutnya, sebenarnya Kandank Jurank Doank merupakan sebuah sekolah alam yang diperuntukkan kepada anak-anak sekitar.

Lokasi sekolah ini tepatnya di daerah Ciputat. Sekolah ini didirikan oleh  Dik Doank sekitar tahun 1993. Saat ini, selain menjadi tempat edukasi, Kandank Jurank Doank juga dijadikan sebagai destinasi wisata alam menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana? Anda tertarik untuk melihat aktivitas di sekolah alam yang satu ini? Sekaligus liburan tentunya.

31. Tanah Tingal

Tanah Tingal

Tanah Tingal via http://www.sekolahtanahtingal.net/

Kalau anda sedang berada di Ciputat, jangan lupa untuk mampir ke Tanah Tingal. Tanah Tingal merupakan destinasi edukatif yang fokus pada kegitan kreatif dan berinteraksi dengan alam. Tanah Tingal berada di lahan seluas 10 hektare.

Kawasan ini akan mengahdirkan pemandangan yang indah karena ditumbuhin ribuan pohon.

Keindahan dipadukan dengan kesejukan karena rindangnya pepohonana pasti membuat anda betah berlama-lama disini.

Bagaimana? Ternyata Jakarta punya banyak sekali tempat wisata bukan? Jadi bukan melulu tentang bacet dan banjir saja. Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk kita kunjungi.

Itulah 31 tempat wisata di Jakarta yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, semoga bisa menjadi referensi anda dan keluarga atau orang tercinta untuk menikmati liburan bersama. Baca juga Liburan Menyenangkan di Pulau Pari Kepulauan Seribu Bersama Keluarga

7 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!