24 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Belitung – Belitung atau masyarakat lokalnya menyebut Belitong beberapa tahun belakangan menjadi sangat terkenal karena sebuah novel dan film berjudul laskar pelangi karya Andrea Hirata. Belitung sendiri merupakan pulau yang terbagi menjadi 2 kabupaten, Kab Belitung dan Kab Belitung timur.

Terletak di Provinsi Bangka Belitung, Balitung memiliki banyak potensi alam yang sangat luar biasa. Sumberdaya alam berupa timah serta hasil laut menjadi sumber kehidupan sebagian besar masyarakatnya sejak dulu. Selain timahnya, belitung juga terkenal dengan pantainya yang berpasir putih. Ada banyak tempat wisata di Belitung yang menarik untuk kita kunjungi.

Tempat wisata di Belitung di dominasi oleh pantai-pantainya yang indah, berpasir putih, air jernih dan biota bawah lautnya yang menaarik untuk kita selami. Selain wisata pantai, Belitung juga memiliki potensi air terjun yang memiliki keindahan menawan.

Tempat Wisata di belitung yang Menarik untuk Dikunjungi

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda untuk jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di belitung yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini diantaranya:

1. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

Tempat wisata di Belitung yang pertama adalah sebuah pantain indah yang menakjubkan dan tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini bernama pantai Nyiur Melambai, yang lokasinya ada di Desa Lalang, Kecamatan Manggra, Belitung Timur.

Di sepanjang bibir pantai ini bukan ditumbuhi oleh pohon kelapa, melainkan ditumbuhi oleh pohon pinus yang membuat sejuk suasana tepi pantai.

Pantai ini terkenal dengan lembutnya hembusan angin yang membuat anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan di pantai ini, sesuai dengan namanya nyiur melambai. Pantai nyiur melambai harus masuk dalam daftar tempat wisata di Belitung yang akan anda kunjungi.  Garis pantai di sini panjang dan suasana di sini teduh. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini antara lain berenang, voli pantai, dan juga panjat tebing.

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas menjadi tempat wisata di Belitung selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Pantai sudah sangat terkenal baik oleh wisata lokal maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu yang menarik dari lokasi ini adalah berdirinya mercusuar setinggi 50 meter, dan uniknya mercusuar ini telah berusia ratusan tahun, karena dibangun oleh Belanda pada tahun 1882.

Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk dengan luas area sekitar 1 hektar, dengan hamparan pasir putih yang landai, airnya yang sangat jernih akan membuat anda selalu ingin merasakan kesegaran air laut tersebut dengan berenang ataupun sekedar bermain air.

loading...

Sangat asyik sekali berain pasir dan mandi-mandi di pulau ini. Untuk lokasi tepat pulau ini yaitu di arah Utara desa Tanjung Binga.  Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2m. S

Air lautnya benar-benar jernih, anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain di air laut atau snorkling.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah pantai Tanjung tinggi yang menjadi salah satu tempat untuk pengambilan adegan film lasker pelangi.

Keindahan alamnya yang menakjubkan membuat pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Belitung yang akan anda kunjungi.

Pantai ini lokasinya hanya berjarak 30 km dari pusat kota Tanjungpandan dengan akses jalan yang mudah dijangkau. Fasilitas di pantai ini juga sudha terbilang lengkap, sudah ada tempat penginapan yang dibuat untuk menambah seru liburan.

Selain tempat penginapan dengan harga yang bervariasi, juga sudah ada banyak rumah makan yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datng. Selain panorama pantainya yang indah dan mempesona, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan wahana permainan lain, anda dapat mencoba bermain jet sky, mengoperasikan kano, berenang, snorkeling dan memancing.

Lokasi: Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

4. Pantai Penyak

Pantai Penyak

Tempat wisata di Bangka Belitung selanjutnya adalah pantai penyak yang lokasinya memang bukan di pulau Belitung melainkan ada di Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Kami memasukkan pantai ini arena keindahan panoramanya dan pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, yakni sekitar 3 km. Sehingga layak untuk dimasukan dalam daftar tempat wisata di Bangka Belitung yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasinya juga sangat strategis, ada di pinggir jalan. Bagi anda yang melakukan perjalanan dari Pangkalpinang menuju Koba, maka pasti anda bisa menjumpai adanya pantai yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Banyak sekali wisatawan dadakan yang singgah ke pantai ini. Di sekitar pantai ini terdapat banyak penjual kelapa muda dan bisa anda nikmati sambil melihat suguhan pemandangan alam yang sejuk dan damai.

5. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Tempat wisata di Belitung yang tidak kalah indah selanjutnya adalah pantai Tanjung Kelayang yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Pantai ini memiliki keindahan nan eksotis dan sudah dikenal oleh dunia karena event Internasional yang diadakan di pantai ini, yaitu  Sail Wakatobi Belitong.

Keindahan pantai ini tidak bisa digambarkan denga kata-kata. Hamparan pasir putih yang bersih dan kejernihan air lautnya sangat memukau siapapun yang berkunjung ke lokasi ini. di lokasi ini anda juga bisa melihat adanya tumpukan batu yang secara alami membentuk kepala burung.

Pantai Tanjung Kelayang sendiri merupakan pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Anda bisa menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan beragam atraksi air lainnya di pantai ini.

6. Pulau Memperak

Pulau Memperak

Anda pecinta snorkeling? Maka, Pulau Memperrak harus masuk dalam daftar tempat wisata di Belitung yang akan anda kunjungi. Pantai ini memiliki keidahan biota bawah laut yang menakjubkan.

Kawasan pantai ini menyimpan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona, anda bisa melakukan snorkeling dari beberapa spot, yaitu dari arah utara, timur atau barat dari pantai yang ada di pulau ini.

Sayangnya untuk bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya, kita harus membawa perlengkapan menyelam sendiri, atau menggunakan jasa biro wisata.
Di lokasi pantai ini hanya ada beberapa penjaga dan bertempat tinggal di rumah yang dibangun di tengah pepohonan yang mengelilingi pantai. Saat melakukan kegiatan snorkeling jangan lupa untuk menggunakan alas kaki, untuk melindungi kulit kaki anda dari bulu babi yang jumlahnya cukup banyak.

7. Kawasan Pantaiand Resort Bukit Berahu

Kawasan Pantaiand Resort Bukit Berahu

Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah  perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di sebuah pantai indah di Belitung. Bukit Berahu sendiri lokasinya ada di dekat Tanjung Tinggi.

Dari bukit ini kita bisa menikmati keindahan alam yang mbegitu mempesona. Pantai di Bukit Berau tergabung menjadi satu, sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati pantai seperti private beach milik pribadi.

Wisatawan yang datang pasti akan takjub dengan  keindahan pantai berpasir putih dan air lautnya yang jernih dan berwarna hijau kebiruan.

Dari Bunglalow, anda harus menuruni 97 anak tangga untuk menuju ke pantai.

8. Pantai Punai

Pantai Punai

Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah pantai punia yang lokasinya ada di  sebelah Tenggara Belitung, tepatnya ada di desa Tanjung Kelumpang.

Pantai ini agak berbeda dengan pantai di Belitung kebanyakan karena pantai Punia didominasi oleh batu granit super besar, di pantai ini Anda akan mendapati pasir putih dengan batu granit kecil dan suasana yang lebih tenang.

Di depan pantai ini ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Dulunya, di pulau ini terdapat banyak sekali burung punai. Untuk menuju pulau ini Anda hanya perlu berjalan kaki jika air sedang surut.

Lokasi: Tanjung Kelumpang, Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33561

9. Kampong Dedaun

Kampong Dedaun

Kampong dedaun menjadi destinasi wisata Belitung yang menarik untuk anda kunjungi selanjutnya. Konsep pantai Kampong Dedaun adalah, sebuah pantai sederhana yang bisa dinikmati sambil bersantai dengan fasilitas wisata pantai yang cukup lengkap.

Lokasi pantai kampong dedaun sendiri berjarak  3 km di Timur pantai Tanjung Tinggi, terdiri atas pantai pasir putih dengan pemandangan batu-batu granit di tengah laut.

Pantai ini cukup rindang sehingga sangat nyaman untuk kita kunjungi meskipun kondisi sedang terik. Di bawah pepohonan rindang wisatawan bisa menikmati suasana angin sepoi-sepoi dan bersantai di atas sun-lunger, kursi kain, kursi taman atau gazebo.

Wisatawan yang berkunjung juga bisa menyewa perahu kayak (kano) untuk satu atau dua orang. Selain itu, di pantai ini jgua tersedia restoran yang siap menggoyang lidah anda.  Anda bisa mencoba menu khas makanan laut segar Belitung dan menu-menu nasional indonesia lainnya.

10. Tanjung Binga

Tanjung Binga

Destinasi wisata di Belitung selanjutnya adalah Tanjung Binga yang merupakan  desa nelayan terletak di pantai Utara Belitung dengan kecantikan alam bahari pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dipadukan dengan kehidupan nelayan tradisional yang eksotis.

Desa ini lokasinya berjarak sekitar 22 km di Utara Tanjungpandan dan 8km di sisi Barat Tanjung Tinggi. Dsini kita bisa wisata kuliner dengan langsung membeli dari nelayan, datang saja jam 7 pagi saat nelayan merapat.

Pantai di desa ini juga sangat indah dengan pasir putih bersih meskipun batu-batu di sini tidak sebanyak dan sebesar di Tanjung Tinggi. Restoran menyediakan makanan ala restoran-restoran seperti di kota besar (seperti di Jakarta). Dari restoran anda bisa menyaksikan pemandangan laut lepas, sehingga anda bisa menikmati makan siang dengan pemandangan yang mempesona. Di restoran ini juga terdapat kolam renang yang baik dan bersih. Silahkan berenang di sana jika anda merasa kepanasan, khususnya di tengah hari.

11. Burung Mandi

Burung Mandi

Bagi warna Manggar, nama burung mandi tentu sudah tidak asing lagi, karena objek wisata burung mandi merupakan tujuan liburan favorit bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya.

BUrung mandi sendiri merupakan nama  sebuah gunung di Timur Laut Belitung, kira-kira 18 km arah Barat kota terbesar kedua Manggar.

Nah, disini terdapat pantai yang indah, yaitu pantai Burung Mandi dengan pasir putih dan berih serta ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan.

Di latar belakang anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi. Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang. Jarak Burung Mandi ke bandara kira-kira 70km, bisa ditempuh dalam satu jam.

12. Pantai Serdang

Pantai Serdang

Wisata pantai di Belitung selanjutnya adalah pantai Serdang ang terletak di Kota Manggar. Pantai indah yang menhadap ke laut Cina Selatan ini memiliki pasir putih yang mempesona dan air jernih yang menyejukan mata.

Pantai Serdang relatif memiliki ombak yang lebih besar ketimbang pantai lainnya di Belitung, untuk mencapai pantai ini wisatawan harus menempuh perjalanan  dari kota Tanjungpandan sekitar 90km (90 menit dengan mobil) ke arah Timur, atau sekitar 75km (70 menit dengan mobil) dari bandara HAS Hananjoedin.

Dengan pasir putih haluh serta deretan pohon pinus di sepanjang 500an meter pantai ini membuat kita betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan di pantai Serdang ini.

13. Pulau Pasir

Pulau Pasir

Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah sebuah fenomena unik, dimana saat air surut akan terbentuk sebuah pulah kecil di tengah laut yang membuat wisatawan penasaran dan ingin berfoto disana.

‘Pulau’ sementara ini akan hilang jika air laut sedang pasang, lalu kemudian akan muncul kembali jika air laut telah surut. Jika ingin ke tempat ini maka pengunjung membutuhkan waktu 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang menggunakan perahu mesin nelayan. Jika diukur maka ukuran dari pulau pasir tidak akan lebih dari luas setengah lapangan sepak bola. Keindahannya lah yang membuat banyak orang kemudian ingin tahu dan penasaran dengan pulau ini.

Pemandangan di sekitarnya bagus sekali karena lokasi pulau terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain seperti pulau Kepayang, pulau Babi, pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar. Jarak terdekat adalah ke pulau Kepayang yang hanya dipisahkan oleh air laut setinggi pinggang pada saat laut surut.

14. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar

Destinasi wisata di Belitung selanjutnya adalah pulau batu berlayar. Pulau ini memiliki keindahan nan eksotis dan layak anda masukan dalam daftar tujuan liburan saat di Bangka.

Pulau yang terdiri dari  formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Formasi itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar.

Pulau kecil seukuran lapangan tenis ini anda salah satu atraksi unik untuk anda yang melakukan tour island hooping di Belitung ditempuh sekitar 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang.

15. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang

Pulau kepayang atau juga sering disebut pulau Babi menjadi tempat wisata di Belitung selanjutnya yang wajib anda kungjungi. Pulai ini memiliki keindahan yang menawan, terletak di Utara Belitung dengan luas sekitar 14 hektar.

Pulau ini terlihat jelas dari sisi Barat pantai Tanjung Kelayang. Pengunjung biasanya menggunakan boat dari pelabuhan Tanjung Kelayang dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Pasir Putih di sisi Tenggara pulau Kepayang – beberape ratus meter dari Pulau Pasir – adalah salah satu tempat berlabuh untuk singgah di pulau ini, terutama jika air laut sedang surut. Hamparan pasir putih membentang sepanjang sisi Tenggara dan Selatan Pulau ini. Hampir tidak ada batu granit, hanya pasir putih dengan panjang pantai sekitar 300 meter.

16. Pulau Lutong

Pulau Lutong

Destinasi wisata di Belitung selanjutnya adalah pulau Lutong, pulau Lutong. Nama pulau Lutong atau lutung (kera) diambil dari salah satu bentuk batu granit besar yang ada di pulau ini, batu ini menyerupai kepala lutong (kera).

Pulau ini memilik daya tarik pada semenanjung pasir putih yang berada di sisi Selatan pulau utama. Jika anda berkunjung ke pulau ini biasanya perahu akan mendarat di semenanjung pasir putih ini.

Aktivitas yang biasa dilakukan pengunjung adalah bermain pasir di semenanjung ini dan berjalan berkeliling pulau. Perjalanan dimulai dengan menyusuri pantai sisi Barat dari arah semenanjung pasir putih. Di titik awal semenajung anda akan bertemu dengan halangan berupa bebatuan granit. Jangan berhenti di halangan batu-batu ini, kami sarankan anda untuk naik berlahan-lahan melewati bebatuan ini atau jalan melingkar melalui laut jika sedang surut.

17. Pulau Leebong

Pulau Leebong
Beranjak ke arah Barat pulau Belitung, ada pulau Leebong (Lelebong) yang jugaa menjadi destinasi wisata wisatawan yang datang.
Pulau ini berjarak sekitar 70km di Selatan pulau Lengkuas. Pulau ini dilengkapi dengan berbagai sarana olah raga air seperti kayak, standing kayak, jet skil, banana boat, dll. Ketika artikel ini ditulis, fasilitas restoran dan penginapan berupa cottacges sedang dibangun.
Dengan fasilitas yang lengkap, tentu liburan akan semakin seru. Untuk mencapai pulau ini, anda harus menempuh jarak 32 km ke arah pelabuhan Pegantungan di Selatan kota Tanjungpandan.
Untuk mencapai pulau ini, anda bisa menyewa boat seharga Rp 1,5 juta untuk kapasitas maksimum 15 orang. Dengan harga tiket Rp 1,5 juta ini anda sudah mendapatkan tiket tanda masuk ke kompleks pulau termasuk penggunaan sarana olah raga seperti kayak/kano , stand up paddle, sepeda air, sepada darat, gazebo , sun lounger dan rumah payung. Sedangkan untuk fasilitas tambahan dikenakan biaya tambahan meliputi: Banana boat (max 5 pax ) Rp 50,000/ pax / 15 menit, jet ski Rp 250,000/ 15 menit, sewa cottage + tenda + fasilitas Rp 200,000/pax min 10 pax (kapasitas saat ini bisa max 50 pax).  (Harga bisa berubah)

18. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan

Ternyata di Belitung tidak melulu hanya ada pantai yang indah saja. Ternyata ada di sebuah agrowisata yang terdapat di Desa Mentawak, kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Aneka buah-buahan seperti durian, mangga, rambutan, lengkeng, belimbing, jambu jamaika, sawit dan sirsak, juga ada aneka tanaman kayu Sengon (albasia) dan Mahoni. Semuanya berada dalam kawasan seluas 120 hektar dan mulai ditanami secara bertahap sejak tahun 2001.

Berbagai fasilitas pendukung seperti flying fox, high rope, dan motor ATV disediakan untuk memanjakan pengunjung.

Untuk mencapai agrowisata ini, kita hanya menempuh perjalanan selama 40 menit dari Bandara Hanandjoeddin, atau kurang lebih 55 menit dari Kota Tanjongpandan. Bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan, jalan aspal relative mulus dan tak berlobang.

19. Museum Kata

Museum Kata - tempat wisata di Belitung

Kalau liburan di Belitung, jangan sampai tidak singgah ke rumah kata andrea hirata. Siapa yang tidak kenal dengan film lasker pelangi?

Film yang pada 2008 lalu meledak penontonya, hingga 6 juta orang. Film ini berkisah tentang petualangan 10 anak-anak sekolah miskin SD Muhammadiyah di desa Gantong Belitung Timur, yang harus berjuang menyelamatkan sekolahnya, karena hanya di sekolah inilah orang tua mereka mampu menanggung biaya. Novel ini adalah hasil karya Andrea Hirata (twitter: @AndreaHirata), seorang penulis kelahiran asli Belitung. Novel ini terinspirasi dari cerita asli yang dialami sendiri oleh Andrea Hirata, dan film nya sendiri pun juga dibuat di Belitung.

Lokasi: di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur.

20. Sail Belitung

Sail Belitung - tempat wisata di Belitung

Nah, ini dia event terkenal yang sudah admin sebutkan diatas. Sail Wakatobi – Belitong 2011 adalah event dimana ratusan perahu yacht dari manca negara berlayar dari Darwin Australia dan singgah di tempat-tempat menarik di kepulauan nusantara dan berakhir di Singapura. Sail Wakatobi – Belitong 2011 adalah bagian dari event tahunan Sail Indonesia.

Acara dimulai dengan pemberangkatan 100 kapal yacht dari Darwin Australia pada tanggal 23 Juli 2011. Kapal-kapal tersebut masuk ke wilayah Indonesia melalui Saumaki dan dilanjutkan dengan perjalanan ke Banda, Ambon, Wakatobi, Makassar, Lombok, Bali, Karimum Jawa, Kumai, dan berakhir di Belitung pada tanggal 11 Oktober 2011, sebelum berlepas ke Singapura.

Tempat Wisata di Belitung Lainnnya

Berikut ini tempat wisata di Belitung lainnya yang bernuansa alam yang menarik juga untuk kita datangi:

21. Tirta Marundang

Tirta Marundang
Tempat wisata di Belitung selanjutnya adalah sebuah pemandian alam yang sangat segar dan layak untuk anda masukan ke dalam daftar objek wisata yang akan anda kunjungi.
Tidak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan dari mancanegara juga tidak mau ketinggalan mandi di Tirta Marundung ini.
Pemandian ini terletak di hutan kecil di desa Air Seruk sekitar 20 menit dengan kendaraan dari kota Tanjungpandan. Terdapat beberapa kolam renang besar dan restoran yang besar.
Tempat ini adalah kombinasi suasana rindang pepohonan hutan dan rekreasi air, dengan lokasi pepohonan yang cukup luas. Tirta Marundang adalah tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga.

22. Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye - tempat wisata di Belitung

Objek wisata di Belitung selanjutnya adalah sebuah air terjun yang memiliki keindahan bawah air yang memukau. Air terjun Gurok Beraye ini menawarkan sensasi sorkeling kepada anda.

Lokasinya ada di pinggang Gunung Tajam tepatnya ada di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, sekitar 32 km dari Kota Tanjung Pandan, arah ke Timur.

Jalan aspal yang kami lalui cukup mulus dengan melewati permukiman padat ditepi jalan. Pada GPS -2.75717, 107.84630 kami keluar dari jalan utama dan belok kanan, mengikuti jalan yang keriting aspalnya, menembus hutan, menanjak, dengan jurang yang dalam di sisi kanan.

Sejauh sekitar 4,7 km kami menyusuri jalan yang terlihat jarang dilalui kendaraan itu, dan tidak terlihat sama sekali tanda-tanda kehidupan manusia. Sepi sesepi-sepinya. Namun sesekali kami masih melihat beberapa monyet bertengger di pohon.

23. Air Terjun Kapala Kawai

Air Terjun Kepala Kawai - tempat wisata di Belitung

Selanjutnya, juga masih seputar air terjun yang layak untuk anda kunjungi, yaitu air terjun kapala kawai yang terletak di  RT 05/03, Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong itu, memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Warga sekitar biasa menyebut air terjun tersebut dengan air terjun Jurak Insum Kepala Kawai.

Kawasan air terjun itu, berada di balik bukit yang memiliki ketinggian sekitar 200 MDPL (meter dari permukaan laut).

Bukit yang berada dikawasan Hutan Lindung (HL) itu memiliki luasan sekitar 10 hektar.

Untuk mencapai air tejrun ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar satu jam untuk menjapai tempat ini ke arah Selatan kota Tanjungpandan dengan kendaraan, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 2km melewati hutan. Saat artikel ini ditulis, air terjun ini baru saja ditemukan dan belum menjadi tujuan wisata. Tempat ini cocok untuk yang suka trekking di hutan.

24. Air Terjun Marsilla

Air Terjun Marsila - tempat wisata di Belitung

Tempat wisata di Belitung yang terakhir dari kami adalah air terjun Marsilla yang terletak di desa Bentaian di Tenggara kota Tanjungpandan. Memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai tempat ini.

Air terjun Marsilla tidak begitu besar, dahulu tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal, tetapi akhir-akhir ini tempat ini sepi.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air terjun marsilla, anda harus menempuh 30 menit dari Kota TanjungPandan dengan menggunakan motor ataupun mobil. Rute cukup mudah dicapai.

Ada 2 2 air terjun utama disini, pertama berada di bawah kolam alaminya yang agak besar dan air terjunnya juga lumayan tinggi. Sedangkan yang kedua berada di atas air terjunnya seperti tetesan air hujan yang tak pernah berhenti.

Bagaimana? Banyak sekali bukan tempat wisata di Belitung yang indah, bahkan keindahan pantai Belitung mengalahkan pantai-pantai yang ada di Indonesia Timur sana. Mudah-mudahan bisa jadi panduan wisata ke Belitung anda dan keluarga atau pasangan tercinta.

Itulah 24 tempat wisata di Belitung yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Jangan lewatkan juga Tempat wisata di Palembang Sumatera Selatan

Leave a Reply

error: Content is protected !!